post image
KOMENTAR
MBC. Film Exodus dilarang tampil di Mesir. Kepastian itu disampaikan setelah badan sensor setempat menyebut film memiliki ketidakakuratan sejarah.

Kepala badan sensor Mesir mengatakan ketidakakuratan yang dimaksud meliputi adegan kaum Yahudi membangun piramida dan Nabi Musa membelah Laut Merah. Menurut versi mereka, bangsa Yahudi tidak ikut ambil bagian dalam proses pembangunan piramida.

Dengan kebijakan itu, maka Mesir menjadi negara kedua yang melarang penayangan film arahan Ridley Scott itu. Sebelumnya, larangan penayangan juga diterbitkan oleh pemerintah Maroko.

Film berdurasi 150 menit itu menceritakan perjalanan hidup Moses (Nabi Musa) yang memimpin para bangsa Yahudi keluar dari siksaan Ramses (Firaun). Bangsa Yahudi dipaksa untuk bekerja membangun bangunan tanda kemegahan istana Firaun, seperti membangun piramida dan patung-patung besar.

Moses yang merupakan saudara tiri Ramses diusir dari istana setelah diketahui bahwa dia adalah bagian dari keturunan Yahudi. Dalam masa keterasingan, Moses mendapat ilham untuk membebaskan bangsa Yahudi dari jeratan Ramses. Moses kembali ke istana Memphis dan berhasil memimpin perlawanan bangsa Yahudi.

Diakhir cerita, Moses membawa bangsa Yahudi menyeberangi Laut Merah yang surut akibat meteor jatuh. Pasukan Ramses yang mengejar terjebak di tengah laut yang mulai kembali pasang. Akhirnya, Moses dan bangsa Yahudi berhasil menyeberang dan meneruskan perjalanan menuju tanah yang dijanjikan di Kanaan. Sementara Ramses tetap hidup dan kehilangan semua pasukan tempurnya. [hta/rmol]

Akhirnya, Nikita Willy Resmi Dilamar Sang Kekasih

Sebelumnya

Rumah Aktor Senior Tio Pakusadewo Digeledah Polisi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Seleb