post image
KOMENTAR
Kementerian Perhubungan merilis kronologi pesawat AirAsia Indonesia dengan penerbangan QZ 8501 yang hilang kontak dengan Air Traffic Control (ATC) sejak pagi tadi (Minggu, 28/12).

Kepala Pusat Komunikasi Publik (Kapuskompublik) Kemenhub J.A. Barata dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, memaparkan, pesawat bermuatan 155 penumpang itu berangkat dari Surabaya menuju Singapura dengan ketinggian 32.000 kaki. Pesawat dilaporkan mengikuti jalur yang biasa ditempuh antara Surabaya dan Singapura yaitu M635.

Pukul 06.12, pesawat kontak terakhir dengan ATC Jakarta pada Frekuensi 125.7 MHz. Dalam kontak itu, pilot meminta menghindar ke arah kiri dan meminta izin untuk naik ke ketinggian 38.000 kaki. Permintaan pilot disetujui oleh pihak ATC.

"Pukul 06.16 WIB pesawat masih terlihat di layar radar dan pukul 06.17 WIB pesawat hanya tampak signal ADS-B, pada saat ini sekaligus hilang kontak dengan ATC," katanya.

Kemudian pada pukul 06.18 pesawat hilang dari radar, hanya tampak "flight plan track/data rencana terbang" saja. Seharusnya, di dalam radar ada data lain yakni realisasi terbang namun data itu hilang.

"Tindakan yang dilakukan ATC, menyatakan INCERFA atau tahap awal pesawat hilang kontak pada pukul 07.08 WIB," jabarnya lagi.

Pihak Dirjen Perhubungan melakukan kontak ke Basarnas. Pukul 07.28, pesawat dinyatakan  ALERFA, tahap berikut dalam menyatakan pesawat hilang kontak

"Dan pernyataan DETRESPA atau pernyataan pesawat hilang pada pukul 07.55 WIB," imbuhnya.

Ia menambahkan, lokasi hilang kontak yakni antara Tanjung Panda dan Pontianak agak ke selatan. Pencarian tengah dilakukan tim dari Basarnas.

Dalam pesawat itu terdapat dewasa 138 orang, anak-anak 16 orang, dan bayi/balita satu orang. Pesawat juga diawaki dua orang pilot dan empat orang cabin crew.

Sampai sejauh ini di Tower Bandara Soekarno Hatta dibuka "Crisis Management Center" sesuai SOP AirNav Indonesia dengan pimpinan "Crisis Management Center" Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan sejumlah nomor kontak yang bisa dihubungi adalah, Surabaya di nomor 031-8690945, Jakarta di nomor 021-55912648, dan khusus untuk keluarga penumpang dapat menghubungi nomor AirAsia 021-29270811.[hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas