post image
KOMENTAR
Provinsi Sumatera Utara hingga akhir tahun ini dapat membanggakan diri karena masih menempati posisi kelima daerah terbesar penghasil beras.

Berdasarkan Angka Ramalan (ARAM) II Tahun 2014, produksi padi Sumut diperkirakan sebesar 3.604.602 ton dengan swasembada beras sebesar 463.432 ton,

Dengan produksi sebesar itu membuat Sumut tetap sebagai provinsi ke-lima terbesar penghasil beras di Indonesia.

"Masih swasembada berasnya hingga tahun ini tentunya menjadi prestasi bagi Pemprov Sumut di tengah program Presiden Joko Widodo yang menjadikan Indonesia swasembada pangan tiga tahun ke depan," kata Kepala Dinas Pertanian Sumut, M Roem S di Medan seperti dilansir Antaranews.

M Roemmenambahkan, Ke depannya produksi padi atau beras Sumut ditargetkan terus naik karena selain meningkatkan luas tanam juga ada peningkatan produktivitas.

Tahun ini Sumut diperkirakan bisa memproduksi padi sebanyak 3,9 juta hingga 4 jutaan ton atau naik dari tahun lalu yang ATAP (angka tetap) masih sebesar 3.727.250 ton.

Di sisi lain, Pemerintah pusat juga telah menetapkan Sumut sebagai salah satu provinsi yang menjadi pendukung tercapainya swasembada pangan nasional hingga tiga tahun ke depan.

Oleh sebab itu, tahun ini petani Sumut sudah mendapat bantuan benih dan alat pertanian serta bantuan perbaikan irigasi dari Pemerintah Pusat. [hta]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi