post image
KOMENTAR
Bakteri Listeria monocytogenes yang terdapat apel impor dari California, Amerika Serikat dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Seseorang yangsudah terinfeksi virus tersebut bisa jadi akan menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi listeria dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil.

Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian, Yusni Emilia, kontaminasi untuk apel jenis Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros, Bakersfield, California terjadi pada saat penanganan atau sanitasi yang kurang baik.

"Kontaminasi terjadi akibat sanitasi yang kurang baik di packing house yang ada di California, dan bukan di perkebunan," ujar Yusni seperti yang dilansir Antaranews, Senin (26/1).

Berkenaan surat Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Nomor SV.04.01.15.0302 tanggal 23 Januari 2015 perihal Foodborne Disease Outbreak terkait konsumsi apel karamel di AS, maka Pemerintah melarang apel-apel impor itu beredar di pasar Indonesia. [hta]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan