post image
KOMENTAR
Komisi C DPRD Medan menggelar sidak ke Pasar Induk Kelurahan Lauci Kecamatan Medan Tuntungan, Senin (26/1). Sidak yang dipimpin Ketua Komisi C Salman Alfarisi didampingi Wakil Ketua Godfried Effendi Lubis, Sekretaris Deni Maulana Lubis, serta sejumlah anggota Komisi C lainnya.

Dalam sidak tersebut anggota DPRD Medan meninjau situasi dan kondisi Pasar Induk menjelang dioprasionalkannya pasar tersebut Februari mendatang. Ketua Komisi C Salman Alfarisi disela sela sidak mengutarakan pihaknya setelah melihat situasi dan kondisi pasar saat ini meminta Pemko Medan segera melakukan pembenahan salah satunya menyangkut transportasi dari luar (Jalan Letjen Jamin Ginting) menuju lokasi pasar.

"Supaya Pasar Induk itu bisa segera dioperasionalkan, diharapkan Terminal Angkutan di luar pasar segera diaktifkan agar pasar tersebut hidup dan ramai. Soalnya pasar tersebut bukan hanya menampung pedagang grosir dan sub grosir saja tetapi juga eceran," tukasnya.

Terkait bangunan pasar yang tampak kurang perawatan, penasehat Fraksi PKS DPRD Medan itu ke depannya akan mengundang Pemko Medan dan PD Pasar untuk mendorong dianggarakannya biaya perawatan bangunan maupun lainnya.

Dirut PD Pasar Kota Medan Benny Sihotang didampingi Dirops Osman Manalu mengutarakan pihaknya sudah mengajukan ke Pemko Medan untuk mulai mengoperasikan Pasar Induk pada minggu ke-3 di bulan Februari mendatang.

"Sebab saat ini sejumlah fasilitas penunjang baik instalasi listrik maupun air sudah siap," tukasnya sembari mengutarakan Pasar Induk ini nantinya akan mampu menampung sekitar 2.000 pedagang grosir, subgrosir maupun eceran.

Dalam kesempatan itu, Benny juga mengutarakan Pasar Induk ini merupakan milik Pemko Medan yang pengelolaannya diserahkan ke PD Pasar dengan sistem sewa. "Di mana, 10 persen dari biaya sewa tempat oleh pedagang diserahkan ke Pemko Medan," tukasnya.

Sementara itu, terkait pengamanan lokasi, PD Pasar Kota Medan telah menggelar MoU dengan Yon Kavaleri dan Brimobdasu guna melakukan pengamanan lokasi. [hta]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi