post image
KOMENTAR
Perampokan yang terjadi di ruko yang dijadikan tempat usaha Indo Digital Ekpress milik pasutri Lui In alias Ayung (45) dan Susanawati (41) di Ruko Komplek Sekip Mas, Jalan Sekip, Kelurahan Sei Putih Timur I,  Kecamatan Medan Petisah, Selasa (27/1/2015) lalu ternyata dilatarbelakangi gagalnya kerjasama bisnis property antara Ayung dengan otak pelaku  Freddy (DPO) yang merupakan mantan supir korban.

Karena  tidak tercapainya kesepakatan bisnis itu, pelaku sakit hati dan melakukan aksi perampokan tersebut. Guna memuluskan aksinya, Freddy pun menyuruh orang - orang yang dibayarnya untuk melakukan aksi perampokan itu.

"Modus  bisnis property yang dilakukan pelaku adalah akal-akalannya. Yang merencanakan aksi perampokan ada ada 8 orang dan 6 yang melakukan eksekusi ," ujar Kapolsek Medan Baru, Kompol Roni Nicolas Sidabutar, Kamis (29/1/2015).

Diungkapkannya, 5 orang yang diamankan pihaknya memiliki peran masing -masing. Dimana, Solihin Manyak (35) warga Jalan Utama, Simpang Cemara, Kelurahan  Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area dan Rendi Barus (19) warga Jalan Pertahanan Dusun 6,  gang Seruwai, Desa Patumbak, Patumbak  bertugas mengikat Ayung dan istrinya.

Abdul Muthalik (38) warga Peurlak, Aceh Timur bertugas membawa senjata tajam dan  membacok tangan Susanawati.

"Untuk  Muda Baren (37) warga Jalan Medan Area  Selatan, Kecamatan Medan Area dan Muhammad Refli Fernando (23) warga Jalan Pertahanan, gang Family, Dusun 6 Patumbak, sebagai penguras harta benda Ayung dan Susanawati. Solihin dan Rendi Barus terpaksa kita tembak kakinya karena melakukan perlawanan," katanya.

Diungkapkannya, para pelaku telah merencanakan aksinya sejak 3 bulan lalu. dan pelaku telah  4 kali bertemu Freddy yang memiliki sketsa rumah Ayung. "Ini murni perampokan yang sudah matang direncanakan semua pelaku," tambahnya.

Dari aksi perampokan itu, pelaku yang menyekap dan mengikat Ayung dan menguras   uang 2000 ringgit Malaysia, gelang emas 10 buah, cincin emas 10 gr, kalung emas 25 gram dan cincin berlian yang semuanya ditaksir Rp 40 juta.

"Sebagian hasil pencurian itu berhasil diamankan, sedangkan sebagian lagi masih berada ditangan pelaku yang DPO. Kita masih mengejar Freddy yang merupakan otak pelaku perampokan  tersebut," pungkasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa