post image
KOMENTAR
MBC. Dinginnya cuaca pada musim hujan menyebabkan kelembaban udara meningkat. pada masa itu, bakteri atau virus lebih mudah tumbuh sehingga masyarakat harus waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

Salah satu virus yang cepat berkembang di cuaca yang lembab itu adalah leptospirosis. Bakteri penyakit itu ditularkan dari hewan ke manusia, salah satunya dari urin tikus.

"Penyakit ini masuk melalui kulit atau mata," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Amaranila Lalita Drijono dalam acara bincang-bincang "Aksi Anti Kuman Wipol", Jumat (30/1).

Di musim hujan, apalagi air menggenang dan banjir, kulit menjadi lebih mudah ditembus kuman. Ketika kulit terkena kontak dengan kotoran, kuman akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Ciri-ciri penyakit ini antara lain, demam tinggi, sakit kepala dan badan terasa ngilu.

"Bisa menyerang lever bahkan kematian," kata Amaranila seperti dilansir Antaranews.

Untuk itu, Armanila mengimbau agar masyarakat tetap melindungi kulit saat banjir seperti mengenakan pakaian dan alas kaki, meskipun akan basah.

Apabila terluka, bersihkan luka dengan antiseptik dan tutup dengan plester sebelum terkena kontak dengan air.

"Paling tidak, kuman tidak gampang menembus kulit," kata Amaranila. [hta]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan