post image
KOMENTAR
Pihak PMI Kota Medan menyatakan permintaan kantong darah sangat tinggi saat ini. Setiap bulannya, sedikitnya mereka melayani sekitar 3 ribu permintaan kantong darah untuk keperluan pertolongan medis.

"Rata-rata kita mengeluarkan sekitar 3 ribu kantong darah," kata Direktur Unit Transfusi Darah, PMI Medan, Dr. Randy Patria, Sabtu (31/1/2015).

Randy menjelaskan, meski permintaan tinggi. Namun mereka tetap berupaya untuk menjaga ketersediaan kantong-kantong darah tersebut. Pihaknya juga terus mendorong agar masyarakat semakin antusias melakukan aksi donor darah.

"Kita tetap mendorong agar masyarakat semakin menyadari pentingnya mendonor darah untuk kesehatan, kita berharap donor darah jadi gaya hidup sehat," ungkapnya.

PMI Medan menurut Randy secara berkala menerima sumbangan kantong darah dari berbagai elemen masyarakat yang melakukan aksi sosial donor darah. Darah yang mereka terima dipastikan diperiksa intensif di laboratorium mereka sebelum disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

"Darah yang kita terima dari masyarakat yang melakukan aksi donor darah selalu dicek dulu di laboratorium untuk memastikan darah tersebut sehat. Ada 4 elemen yang diperiksa yakni apakah mengandung virus HIV, Hepatitis C, Hepatiis B atau Sipilis," ungkapnya.[rgu]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan