post image
KOMENTAR
Kesuksesan dan keberhasilan Zulkifli Hasan dalam memimpin PAN untuk lima tahun ke depan sangat ditentukan tim kerja yang ia bangun.

Ketua Umum DPP PAN terpilih tersebut harus memastikan bahwa kabinet yang akan ia bentu bisa membantunya dalam mewujudkan revitalisasi, reunifikasi, regenerasi, serta target suara dua digit pada Pemilu 2019 sebagaimana visi-misi yang ia kampanyekan pada Kongres IV tahun ini.

"Jadi jangan sampai salah pilih. Terutama untuk posisi Sekjen," jelas Sekjen Forum Komunikasi Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Hazuarli A. Halim (Senin, 2/3).

Menurutnya, syarat Sekjen yang akan mendampingi Zulkifli Hasan tidak hanya punya kapasitas dalam soal manajemen dan tata kelola organisasi. Namun harus sudah terbukti berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat.

"Ini penting. Karena hanya dengan dekat rakyat, satu-satunya cara PAN bisa mendapat signifikan. Apalagi, Zulkifi Hasan akan menjadikan kebijakan dan program pro-rakyat yang jadi indikator keberhasilan partai," ungkap Hazuarli.

Selain itu, sebagai langkah konkret Zulkifli Hasan ingin merajut kembali dengan Muhammadiyah, dia sebaiknya mengakomodir kader inti organisasi Islam itu yang akan mendampinginya. Karena hubungan PAN-Muhammadiyah tidak hanya secara historis, tapi juga emosional, bahkan dalam taraf tertentu punya ikatan ideologi yang sama.

"Karena Muhammadiyah yang 'membidani' PAN. Bahkan, infrastruktur dan kader Muhammadiyah yang digunakan untuk menggerakkan PAN di awal-awal pembentukan," tekannya.

Dari syarat-syarat tersebut, dalam amatannya, Iskandar Sembiring yang memenuhinya. Selain terlibat di PAN sejak awal bahkan masuk struktur DPP PAN masa kepemimpinan Soetrisno Bachir-Zulkifli Hasan 2005-2010, Iskandar merupakan kader inti Muhammadiyah.

"Apalagi dia berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat. (Iskandar) sudah bertahun-tahun melakukan pendampingan kepada masyarakat secara langsung. Tak heran, dia dia dipercaya menjadi Sekjen Forum CSR. Jadi cocok mendampingi Bang Zul," tandasnya. [hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa