post image
KOMENTAR
Kepengurusan baru Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) masih dikritisi inter­nalnya sendiri. Bekas wakil sekjen Partai Hanura, Natalis Situmorang memprediksi kom­posisi kepengurusan Partai Hanura yang tambun dan tidak ditunjang dengan kekuatan me­dia, Hanura bisa disalip Partai Perindo pada Pemilu 2019.

"Tanpa memiliki media massa, Wiranto akan sangat mungkin ditundukkan oleh 'adik barunya' Partai Perindo," prediksi Natalis, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, Harry Tanoe merupakan raja media, bu­kan hanya memiliki alat siar yang mumpuni, tetapi ia juga mengemas jajaran pasukannya dengan amat efisien.

"Walaupun bukan aktifis atau tentara, Tanoe justru lebih mam­pu memilih personilnya. Aktifis yang ia rekrutpun bukan semba­rangan aktifis," katanya.

Menurutnya, Partai Perindo juga menciptakan kabinet yang ramping, yang tentunya akan sangat sesuai dengan kondisi pertarungan di medan pemilu mendatang. Menurut Natalis, ada beberapa faktor Partai Hanura bakal dilibas oleh par­tainya Hary Tanoe tersebut.

Pertama, anatomi kabi­net Wiranto terlalu tambun. Wiranto juga seperti ingin merekrut semua orang untuk masuk dalam kepengurusan­nya. Siapapun meyakini bahwa dalam kemasan gemuk seperti itu, Hanura akan mengalami ke­sulitan dalam bergerak, dan akan terlalu banyak kepala yang akh­irnya memperlambat langkah dan manuver politiknya.

Kedua, Wiranto tak juga mam­pu membaca kualitas aktifis yang harus ia rekrut. Padahal sebagai mantan Panglima ABRI, Wiranto memiliki pengetahuan yang cu­kup tentang siapa-siapa aktifis yang memiliki kecakapan kualitas untuk menemaninya menyelamat­kan masa depan Hanura.

Ketiga, Wiranto memilih beberapa orang yang tidak memiliki kecakapan dibidangnya. Salah satu contohnya adalah munculnya nama Karna B. Lesmana yang ia tunjuk sebagai ketua divisi pemenangan pemilu, ia dapat dipastikan tidak tahu apapun tentang cara meme­nangkan pemilu.[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa