post image
KOMENTAR
Maraknya  kasus kekerasan hingga menyebabkan kematian pasangannya  menunjukkan adanya kecenderungan pelaku  mengalami gangguan kepribadian yang disebut dengan psikopat. ‬

Seperti yang dilakukan Misran Gurusinga alias Dahlan (36) warga  Dusun III  Pancur Tiga,  Desa Namoriam, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deli Serdang, Senin (23/3/2015) yang tega membunuh istrinya  bernama Vera Wati boru Ginting (28).

"Tindakan seperti ini hanya dilakukan oleh orang-orang yang pengecut. Seharusnya suami dapat  melindungi istrinya dari kejahatan yang mungkin dilakukan orang lain terhadap keluarganya. Sikap patologis ini membuat orang tidak menduga jika mereka melakukan kejahatan," kata. Direktur Minauli Consulting, Dra. Irna Minauli, M.Si, Psikolog, Selasa (24/3/2015).

Diungkapkannya, kebanyakan kasus kekerasan terjadi karena pelaku memiliki ketergantungan terhadap narkoba.

Karena, tanpa mereka sadari, narkoba telah membuat seseorang menjadi beringas dan tidak memiliki hati nurani.

"Mereka menjadi pribadi yang  impulsif dan hanya mengikuti dorongan  hatinya saja, tanpa mempertimbangkan konsekuensi dari perbuatannya. Mereka juga sering kehilangan rasa bersalah dan berusaha untuk mencari pembenaran atas perbuatannya," ungkapnya.

Diungkapkannya, perilaku kekerasan juga termasuk dalam tipe "Dr. Jeckyll and Mr. Hyde". Dimana, biasanya mereka akan menjadi pribadi yang sangat romantis dan menyenangkan.

"Kehidupan pada fase ini terasa bak di surga. Karena tidak ada masalah, maka mereka akan mulai mencari kesalahan dan membangkitkan kemarahannya. Selanjutnya, mereka  akan gelap mata dan memukuli pasangannya secara membabi buta," ungkapnya.

Setelah puas memukuli pasangannya, pelaku kemudian  akan dipenuhi dengan  penyesalan dan  berusaha bersikap manis  pada pasangannya.

"Mereka akan kembali romantis dan membelikan banyak hadiah supaya pasangannya tdk berpisah. Akan tetapi, siklus ini seringkali  berulang khususnya ketika  mereka dihadapkan pada permasalahan atau konflik dengan pasangannya," jelasnya.

Pada dasarany, semua kehidupan perkawinan akan dihadapkan pada masalah.

"Yang penting adalah bagaimana mengatasi masalah itu  tanpa kekerasan. Untuk itu, ketika  memilih pasangan, kita harus lebih selektif. Banyak perempuan yang awalnya merasa tersanjung ketika. memiliki pasangan yang penuh perhatian, tanpa menyadari bahwa mungkin dia adalah  tipe posesif atau yang sering disebut berkepribadian ganda," ungkapnya.

Untuk itu, ia menghimbau kepada wanita untuk dapa mencari pasangan yang matang, seperti emosional agar mereka lebih mengendalikan dirinya.

"Secara umum mereka yang memiliki religiusitas yang baik akan lebih matang emosinya. Selain itu,  perhatikan latar belakang kehidupannya. Mereka yang dibesarkan oleh orgtua yang sering melakukan tindak kekerasan akan berpeluang  menjadi pelaku bagi istri dan anak- anaknya kelak," pungkasnya.[rgu]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam