post image
KOMENTAR
Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan pembangunan Islamic Center menjadi salah satu program yang hingga saat ini belum terealisasi di era 5 tahun kepemimpinannya bersama Rahudman Harahap. Padahal, program tersebut sudah mulai dicanangkan sejak 6 tahun lalu.

"Ini masih belum terealisasi hingga saat ini, mungkin pembangunannya baru bisa kita lakukan  2016 mendatang, tahun ini anggaran pembangunannya kita masukkan di PAPBD 2015," katanya saat berbincang dengan medanbagus.com, beberapa waktu lalu.

Eldin mengatakan, untuk merealisasikan pembangunan tersebut Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan melakuan penjajakan bantuan dari bank luar negeri seperti Islamic Development Bank (IDB).

"Nanti 2016 kita mulai membangun," sebutnya.

Pembangunan Islamic Center mulai digagas sejak 6 tahun lalu dan hingga saat ini belum terealisasi. Direncanakan proyek senilai Rp 60 miliar tersebut akan dibangun dikawasan Sentra Land, kawasan Griya Martubung pada lahan seluas 23 hektar. Kebutuhan akan pusat kajian Islam di Medan memang sangat tinggi mengingat kota terbesar ketiga di Indonesia ini masih belum memilikinya.

"Kalau untuk yang lain seperti Protestan dan Katolik kan sudah," ungkapnya.

Konsep Medan Islamic Center

Dikutip dari laman USU Institusional Repository, Konsep Islamic Centre didesain dari filosofi dasar mesjid yang memiliki beragam fungsi kehidupan, diantaranya fungsi ibadah, muamalah, tarbiyah dan dakwah. Sumatera Utara , khususnya kota Medan yang berpenduduk mayoritas beragama Islam, saat ini belum memiliki sebuah sarana kegiatan Islam dengan fasilitas yang memadai. Kota Medan merupakan kota metropolitan di kawasan Barat Indonesia dan memiliki masyarakat yang heterogen. Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, kota Medan merupakan pintu gerbang pengembangan agama Islam di kawasan tersebut, yang secara historis kota Medan memiliki kegiatan aktivitas ke-Islam-an berintensitas tinggi. Atas dasar hal-hal tersebut, maka sudah saatnya di kota Medan sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia untuk dikembangkan sebuah fasilitas Islamic Centre dengan nama “Medan Islamic Centre (MIC).[rgu]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga