post image
KOMENTAR
Langkah Mabes Polri menyelidiki kebocoran soal Ujian Nasional SMA tahun 2015 dipandang sudah tepat dan selayaknya diusut tuntas seluruh aktornya.

Anggota Komisi X DPR, Reni Marlinawati dalam keterangan persnya di Jakarta, (Jumat, 17/4) menekankan juga pentingnya keseriusan pemerintah menanggapi masalah soal UN bocor tersebut.

Menurut dia, dibandingkan UN sebelumnya, pelaksanaan tahun ini tidak jauh lebih baik. Persoalan yang muncul masih sama.

"Ini bukti kementerian Dikdasmen dan jajarannya tidak belajar dari masa lalu dan tidak mengantisipasi atas persoalan yang akan muncul," kritik legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP).  

Pun demikian, kata dia, pelaksanaan teknis dalam UN Online juga membuktikan sistem ini belum berjalan maksimal. Persoalan yang muncul di lapangan seperti persoalan jaringan, server serta listrik cukup dominan muncul di lapangan. Padahal persoalan teknis ini dapat diantisipasi jauh-jauh hari.

"Saya melihat Kementerian Dikdasmen dan jajarannya tidak maksimal menyiapkan UN Online ini," imbuhnya.

Untuk itu ia meminta Kemendikdasmen untuk melakukan audit total terhadap pelaksanaan UN tingkat SMA ini. Tujuannya agar kejadian serupa tidak muncul dalam pelaksanaan UN di tingkat SMP maupuan SD.[hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas