post image
KOMENTAR
Sebanyak 11 PNS dan 2 rekanan Badan Lingkungan Hidup (BLH) di Kabupaten  Langkat, diadili di Pengadilan Tipikor PN  Medan, Selasa (21/4/2015). Mereka didakwa karena melakukan tindak pidana korupsi pengadaan alat ukur udara.

Ke-13 terdakwa yang diadili adalah Faisal ketua pantia pengadaan  Hadi, Sekretaris Pantia Pengadaan Elvi Indriani, anggota pantia pengadaan  Icum Susanti, Asril Yusti, dan Muhidin Aswan Depary, ketua pemeriksaan barang,  Buyung Surbakti, sekretaris pemeriksaan barang  Irhamsyah Hasibuan, anggota pemeriksaan barang Juli Syahpitri, Teguh Christopan, dan Johannes Sitepu, bendahara barang  Zubaidah dan dua rekanan Ratna Kartika dan Syafi.

Dari ke 13 terdakwa, hanya seorang rekanan bernama Syafii yang ditahan. Sementara, ke 12 terdakwa lainnya tidak.  

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Arif dan Harry mengaku  para terdakwa melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

Para terdakwa melanggar Pasa 2 subs Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2011 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Arif mengaku, para terdakwa melakukan tindak korupsi dalam proses pengadaan alat ukur udara di BLH Langkat yang mendapat pagu Rp 1,1 miliar pada 2011.

"Tindak pidana korupsi terjadi karena barang-barang yang telah dibeli tidak sesuai dengan ketentuan. Akibatnya negara dirugikan sekitar Rp 286 juta," jelasnya.

Usai pembacaan dakwaan, majelis hakim yang diketuai Robert Pasuma menunda persidangan. Sidang dijadwalkan akan dilanjutkan pekan depan.[rgu]

Sudah Diberlakukan, Parkir Sembarangan Bakal Kena Tilang Elektronik di Medan

Sebelumnya

Perkosa Banyak Pria, Pelajar Indonesia Reynhard Sinaga Dihukum Seumur Hidup Di Inggris

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Hukum