post image
KOMENTAR
Tiga kementrian menandatangani kesepakatan bersama Revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN KPA).

Kerja sama dilakukan berbarengan dengan dibukanya pameran dalam rangka Hari Air Dunia di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (9/5/2015).

Tiga kementrian yang melakukan penandatangan itu adalah, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekjen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Taufik Widjoyono.

 Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Taufik Widjoyono mengatakan, salah satu program pemerintah yang tercantum dalam rencana Millenium Development Goals (MDGs) menjaga air.

Pemerintah, telah menjalankan berbagai program untuk menyelamatkan air melalui Kemenpupera. Salah satunya, dengan membangun bendungan di berbagai daerah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, konsumsi air oleh masyarakat Indonesia saat ini sudah menyamai orang Eropa dan Amerika yakni sebesar 250-300 liter per hari setiap orang.

"Sekarang kita sudah seperti mereka. Mandi saja pakai shower yang banyak menghamburkan air," terangnya.

Untuk itu, gerakan penyelematan air sangat penting. Kementeriannya berencana memperbaiki 13 danau di seluruh Indonesia, baik secara fungsi maupun infrastrukturnya.

Beberapa danau yang akan diperbaiki di antaranya, Singkarak di Sumatera Barat, Limboto di Gorontalo. Dalam pameran yang bertema Gerakan Nasional Kemitraan
Penyelamatan Air yang berlangsung hingga Minggu, (10/5/2015).

sekitar 196 stand ikut meramaikan acara. Selain pameran, juga dilangsungkan lomba mewarnai dan hiburan musik. Pada hari pertama pameran, ribuan orang mengunjungi lokasi dengan antusias. [ben/rmol]

KOMENTAR ANDA