post image
KOMENTAR
Mengkonsumsi beras plastik dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinis dr Samuel Oetoro, MS., Sp.GK mengkonsumsi beras yang ada kandungan plastiknya dapat menimbulkan dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang pada kesehatan seseorang.

Dampak akut jangka pendek usai mengkonsumsi beras berkandungan plastik misalnya mual, pusing sampai diare.

Sedangkan untuk dampak kronis atau jangka panjang yang ditimbulkan jika mengkonsumsi beras plastik itu adalah timbulnya kanker.

"Kalau kita mengkonsumsi itu setiap hari, plastik kan bahan kimia, artinya tubuh akan sulit mencerna dan metabolisme akan jadi berat. Metabolisme kita kan terjadi di hati, nah kalau kita makan itu setiap hari nanti hati bisa rusak. Gagal hati, kalau sudah gagal hati maka bahaya sekali," kata kata dokter yang berpraktik di Siloam Hospitals, Jakarta.

Samuel juga menjelaskan, bahwa kandungan plastik dalam beras plastik juga akan sulit di-ekskresi tubuh sehingga bisa merusak ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

"Kalau sisa metabolisme itu susah keluar maka di kemudian hari akan jadi karsionogenik an menimbulkan
berbagai macam kanker," katanya.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan memastikan membeli beras yang aman.

Sedangkan untuk pertolongan pertama yang dilakukan jika tak sengaja mengkonsumsi beras plastik, Samuel menyarankan agar meminum air putih sebanyak-banyaknya.

"Minum yang banyak kalau terlanjur makan itu, kalau bisa dimuntahkan," kata Samuel seperti dilansir Antaranews, Jumat (22/5).

Hal itu, sambung Samuel dilakukan untuk mencegah penyakit yang ditimbulkan di masa mendatang. Sebab bila sudah terlanjur mengkonsumsi dalam jangka panjang, maka tak ada lagi yang dapat dilakukan kecuali mengobati dampak penyakit yang ditimbulkan. [hta]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Kesehatan