post image
KOMENTAR
Banyak hal yang harus mendapat perhatian lebih besar dalam tahapan pelaksanaan Pilkada 2015, dimulai sejak masa pencalonan bakal kepala daerah.

Demikian disampaikan pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ferry Kurnia Rizkiansyah, dalam diskusi "Tahapan pencalonan Pilkada di depan mata, bagaimana kesiapan KPU, Bawaslu dan Pemerintah daerah?" yang digelar di gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (22/5).

"Dalam Pilkada ini juga banyak yang perlu diantisipasi kerawanan-kerawanan yang ada, baik dari masa pencalonan, dualisme data pemilih hingga kampanye juga perlu jadi perhatian kita," jelasnya.

Ferry menyebut, salah satu tahapan yang perlu diberikan perhatian adalah terkait kampanye, mengingat biaya kampanye akan dibebankan pada KPU.

"Misalnya, kampanye sekarang kan jadi pada KPU bukan pada peserta pilkada. Nah itu harus menjadi perhatian, termasuk diantaranya mengawasi petahana atau incumbent yang maju lagi," sambungnya.

Selain dalam hal kampanye, tambah mantan ketua KPU Jawa Barat ini, proses rekapitulasi dan penghitungan suara juga harus mendapatkan perhatian lebih.

"Proses pemungutan dan rekapitulasi juga harus jeli, karena sekarang proses rekapitulasi langsung ke PPK dan tidak lagi di PPS. [hta/rmol]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga