post image
KOMENTAR
Aktor senior Hollywood Russel Crowe kaget dengan berita tewasnya matematikawan penerima Nobel, John Nash dalam sebuah kecelakaan tragis.

Crowe yang tampil memukau dalam film besutan Ron Howard itu mengaku sempat tertegun mengetahui kabar kematian Nash dan istrinya, Alice.

Dalam sebuah twitnya, aktor yang dihadiahi British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) 2002 untuk aktingnya memerankan Nash itu memuji pasangan Nash dalam kehidupan.

"Tertegun  hati saya untuk John dan Alicia dan keluarga. Pasangan yang luar biasa. Pikiran yang indah, hati yang indah," tulis Russel Crowe yang memerankan Nash film tersebut, dalam twitnya.

Sementara itu, Ron Howard, sutradara "A Beautiful Mind" pun menyampaikan dukanya atas kepergian Nash dan istrinya, "John Nash yang cemerlang dan istri yang luar biasa" kata Howard.

John Forbes Nash, Jr lahir pada 13 Juni 1928. Matematikawan Amerika Serikat itu memiliki karya di bidang teori permainan, geometri diferensial, dan persamaan diferensial parsial telah membuka jalan bagi ilmuwan untuk mempelajari faktor-faktor yang mengatur kemungkinan dan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.

Teori-teorinya digunakan dalam bidang ekonomi, komputer, biologi evolusioner, kecerdasan buatan, akuntansi, politik, dan teori militer. Menjelang akhir hayatnya, ia menjabat sebagai Matematikawan Peneliti Senior di Universitas Princeton. Ia juga dianugerahi Hadiah Nobel Ekonomi bersama pakar teori permainan Reinhard Selten dan John Harsanyi pada tahun 1994. Tahun 2015, ia dianugerahi Hadiah Abel (bersama Louis Nirenberg) atas penelitiannya mengenai persamaan diferensial parsial nonlinier.

Kisah hidup Nash diangkat dalam buku biografi A Beautiful Mind karya Sylvia Nasar dan film yang diangkat dari buku tersebut. Film ini mengupas kejeniusan Nash di bidang matematika dan skizofrenia yang dideritanya. [hta]

Akhirnya, Nikita Willy Resmi Dilamar Sang Kekasih

Sebelumnya

Rumah Aktor Senior Tio Pakusadewo Digeledah Polisi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Seleb