post image
KOMENTAR
Negara dunia harus belajar dari bangsa Indonesia terutama soal Hak Azasi Manusia (HAM) dan juga soal toleransi umat beragama.

Demikian dikatakan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat acara Sosialisasi Empat Pilar MPR kepada Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Jambi, di Jambi, Sabtu (30/5).

Indonesia, menurut dia, negara yang besar. Memiliki sekitar 17 ribu pulau dari Sabang hingga Merauke. Tak itu saja, Indonesia adalah negara kelautan karena 70 persen hingga 80 persen wilayahnya adalah laut.

Hebatnya lagi tegas Zulkifli, Indonesia adalah negara yang memiliki aneka macam suku, termasuk agama. Semua agama, ujarnya lagi sangat menjunjung nilai-nilai toleransi.

Terkait soal toleransi ini, Zulkifli punya cerita. Kepada pengurus wilayah Muhammadiyah, Ketua Umum PAN ini membeberkan pengalamannya ketika menerima tamu dari negara lain.

Terus dia menceritakan pengalamannya ketika menerima tamu dari satu negara. Zulkifli tak menyebut asal negara tamunya tersebut. Sang tamu kepadanya bercerita soal toleransi beragama. Karena merasa digurui, Zulkifli meminta tamunya itu tak bicara soal toleransi agama.

"Saya bilang kepadanya stop bicara soal toleransi. Justru anda harus belajar toleransi dari bangsa Indonesia," katanya.

Menurut dia, masyarakat Indonesia memiliki toleransi agama yang sangat tinggi. Satu agama dengan agama lain hidup rukun. Buktinya, kata dia, disamping masjid ada gereja dan masyarakat bergotong royong membangun rumah ibadah meskipun agama mereka berbeda.

"Kepada tamu saya katakan. Jangankan dengan manusia, merusak alam saja bagi umat beragama di Indonesia adalah dosa. Soal HAM dan toleransi, bangsa Indonesia jangan diajari. Jadi negara Eropa sekalipun harus belajar dari kita," demikian  Zulkifli Hasan. [hta/rmol]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas