post image
KOMENTAR
Tahapan pilkada yang sudah mulai berjalan membuat jajaran pengawas pemilu (panwaslu) Kota Medan terus berupaya agar pembentukan jajaran pengawas pilkada tingkat kecamatan (Panwascam) berlangsung cepat. Hari ini, Minggu (31/5/2015), proses perekrutan tersebut sudah memasuki tahap ujian tertulis yang digelar di SMA Negeri 1 Medan dengan diikuti oleh 345 peserta yang sebelumnya dinyatakan lolos berkas administrasi.

"Pagi tadi mereka ujian, semuanya hadir," kata Ketua Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan, Uliansyah Nasution, sesaat lalu.

Ia menjelaskan, materi yang diujikan kepada peserta masih seputar pengetahuan bidang kepemiluan, undang-undang dan peraturan-peraturan dalam pemilu. Hasil dari ujian tersebut menurutnya akan langsung diperiksa malam ini untuk selanjutnya dibawa dalam rapat pleno.

"Malam ini juga kita akan gelar pleno untuk menetapkan 6 besar calon panwascam pada setiap kecamatan di Medan," ujarnya.

Cepatnya pemeriksaan hasil ujian ini menurut Uliansyah, disesuaikan dengan rundown jadwal yang sudah mereka susun sebelumnya. Sebab tahapan pilkada sudah mulai digelar oleh jajaran KPU Kota Medan.

"Kita harus cepat agar jadwal yang kita susun tidak meleset," demikian Uliansyah.

Berdasarkan jadwal yang disusun, dua hari setelah pelaksanaan ujian tertulis ini, maka peserta yang lulus akan mengikuti tahapan wawancara. Setelah tahapan wawancara, maka panitia seleksi akan melakukan penetapan anggota Panwascam terpilih untuk kemudian dilaporkan ke Bawaslu Sumut. Anggota Panwascam terpilih nantinya akan bertugas mengawasi Pilkada Medan Desember 2015. [rgu]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga