post image
KOMENTAR
Politisi PAN, Abdullah Rasyid terus menunjukkan komitmennya untuk mencegah alih fungsi hutan Mangrove di Sumatera Utara. Bersama dengan aktivis lingkungan yang tergabung dalam elemen Boemi Poetera, Abdullah Rasyid  terus menggelorakan penolakan pengrusakan hutan mangrove yang menyengsarakan masyarakat pantai.

"Selain menjadi pusat pergerakan untuk menghentikan alihfungsi lahan mangrove yang telah menyengsarakan masyarakat pantai, posko ini juga merupakan simbol kebangkitan kaum boemi poetera. Selanjutnya, bergandengan dengan Sekretariat Bersama (Sekber) Pembangunan dan beberapa elemen gerakan lainnya, secara paralel kita akan dirikan posko-posko di kawasan pantai," katanya usai peresmian Posko Perjuangan Boemi Poetera di Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu (31/5).

 Rasyid datang ke Stabat bersama rombongan aktivis dari Medan, di antaranya Koordinator Provinsi (Korprov) Serikat Boemi Poetera Robert Situmorang, Ketua Sekber Pembangunan Sumut Indra Gunawan dan aktivis lingkungan Rulyanto Gondrong. Rombongan disambut Koordinator Daerah (Korda) Serikat Boemi Poetera Rismandianto Karokaro, Ketua Sekber Pembangunan Langkat Rahmad Rinaldi dan kalangan masyarakat yang bermukim di garis pantai Kabupaten Langkat.

"Kami amat berharap adinda Risman dan adinda Rinaldi dapat memberi ruh pergerakan pada posko yang kita dirikan ini. Begitupula dengan generasi-generasi muda bumi putra yang berhimpun di Serikat Boemi Poetera dan Sekber Pembangunan Langkat. Alhamdulillah, saudara-saudara bumi putra yang berkehidupan di kawasan pantai telah bertekad bangkit menghentikan alihfungsi lahan mangrove, jaga semangat ini," tegas Rasyid.
 
ementara itu Risman mengaku akan menggerakkan segenap potensi untuk melawan ketidakadilan yang dirasakan kaum bumi putra. Dalam kesempatan tersebut, dia juga menyerahkan berkas
berisikan fakta temuan mengenai kasus alihfungsi lahan mangrove dan luncuran Program Keluarga Harapan (PKH) di Langkat.

"Mengenai alihfungsi lahan mangrove, pada berkas tersebut ada fakta-fakta terbaru yang kami peroleh di lapangan. Mengenai PKH, juga detail kami ungkap mengenai proses rekrutmen pendamping yang menyalahi aturan. Selain prosesnya tidak transparan, kami menemukan ada pendamping yang terlibat partai politik dan memangku jabatan lain. Jelas ini melanggar aturan dan
karenanya kami khawatir program PKH ke depan akan menjadi ajang kepentingan," ujar Risman didampingi Rinaldi, yang berharap perjuangan warga Langkat bisa segera menjadi pembahasan tingkat nasional lewat tangan Abdullah Rasyid.

Sekadar diketahui, persoalan alihfungsi lahan mangrove saat ini telah melanda garis pantai Sumatera bahkan pulau-pulau lain di Indonesia. Serikat Boemi Poetera sendiri telah mengutus Tengku Zainuddin melakukan penelitian di Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat. Beberapa bulan lalu hasil penelitian itu pun telah dirilis pada jurnal ilmiah Universitas Negeri Medan (Unimed). Dalam penelitiannya, Tengku Zainuddin mengungkap bahwa alihfungsi lahan mangrove di Perlis telah mengakibatkan perubahan struktur sosial dan hilangnya budaya berburu madu hutan mangrove. Perubahan struktur sosial tampak kasat mata, lantaran masyarakat setempat tak lagi bisa menafkahi keluarga dengan mencari kepiting, udang dan kerang di garis pantai Perlis. Biota pantai itu berbiak hanya bila hutan mangrove masih terjaga.

 "Sekarang, mangrove di desa kami sudah tipis (baca; hampir musnah) berganti sawit. Semakin hajab sudah kami," ungkap Erpan, salah seorang warga Perlis yang menyaksikan peresmian Posko Perjuangan Boemi Poetera di Stabat.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa