post image
KOMENTAR
Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan menyebutkan hingga saat ini suhu di Sumatera Utara khususnya Kota Medan masih rata-rata mencapai 36 derajat celcius. Namun demikian, peningkatan suhu ini dipastikan tidak berkaitan dengan gelombang El Nino yang disebut akan melanda sebagian wilayah Indonesia.

Staff BMKG Dodi Saputra mengatakan, Sumatera Utara diperkirakan tidak akan terkena gelombang El Nino. Anomali cuaca yang memicu kenaikan suhu air laut tersebut kemungkinan hanya mencapai Sumatera Selatan saja.

"Kita di Sumatera Utara tidak sampai, kemarin pernah disebutkan El Nino itu hanya sampai Sumatera Selatan," katanya, Senin (29/6/2015).

Dodi menjelaskan tingginya suhu di Kota Medan dan Sumatera Utara murni disebabkan peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. BMKG memprediksi, kondisi ini kemunginan akan terjadi hingga Agustus 2015 mendatang.

"Tidak berhubungan dengan el nino, cuaca ini murni karena perubahan musim dari kemarau ke hujan," ungkapnya.

Diketahui suhu panas mencapai 36 derajat celcius terjadi dalam beberapa hari terakhir ini. Secara umum di Pulau Sumatera, BMKG juga mendeteksi titik api yang berjumlah 11 titik pada pagi tadi. 1 titik berada di wilayah Sumatera Utara yakni di Kabupaten Padang Lawas.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa