post image
KOMENTAR
Pusat Studi Kota Medan (PuSKoM) menggelar survey terhadap 10 nama yang memiliki kemungkinan untuk maju di PIlkada Medan 2015. 10 Nama yang di survey adalah  Dzulmi Eldi, Tifatul Sembiring, Muhammad Raden Syafii (Romo), Syofian Tan, Hasyim, Sastra, Ramadhan Pohan, Ikhwan Ritonga, Camelia Panduwinata Lubis dan Abdullah Rasyid.

Dalam survei yang berlangsung 4 hari dan melibatkan 20 interviewer ini, PuSKoM juga menempatkan pertanyaan yang memberi kebebasan kepada responden untuk menyebut satu nama calon Walikota Medan yang menjadi pilihannya. Hasilnya, nama Gus Irawan muncul sebagai salah satu pilihan.

Selengkapnya, 5 besar calon pilihan responden adalah Dzulmi Eldin, Gus Irawan Pasaribu, Abdullah Rasyid, Sofyan Tan dan Tifatul Sembiring. Dzulmi Eldin dipilih oleh 15,3% responden, Gus Irawan 10,0%, Abdullah Rasyid 6,8%, Sofyan Tan 6,5%, dan Tifatul Sembiring 5,8%.

"Namun, lebih dari setengah responden atau sebanyak 50,1% belum menentukan pilihan. Ini bisa dimaklumi lantaran belum gencarnya sosialisasi para calon, yang tentu terkait erat dengan sikap partai politik. Sejauh ini belum satu pun partai politik memastikan siapa calon yang diusungnya pada Pilkada Kota Medan Desember 2015 mendatang," papar Sukamto.

Terkait fenomena ini, pengamat politik USU Dadang Dharmawan sebelumnya telah menyimpulkan bahwa partai politik baru akan menentukan siapa calonnya pada Pilkada Kota Medan pada menit-menit akhir pendaftaran. Menurutnya, fenomena ini tidak sehat untuk iklim demokrasi. Partai politik seolah tidak memberi kesempatan kepada masyarakat untuk segera mengetahui sosok yang akan dipilihnya pada Pilkada Medan nanti.

"Kita tidak melihat parpol (partai politik) berpikir di luar kotak. Dalam artian tidak ada yang mencoba membangun metode rekrutmen calon secara kompetitif dan komprehensif. Sejauh ini kebanyakan parpol berkeinginan mengusung calon incumbent Dzulmi Eldin," papar Dadang.[rgu]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga