post image
KOMENTAR
Kritik dan penolakan terhadap perusahaan kertas, PT. Toba Pulp Lestari (TPL) yang dinilai telah merusak kawasan Danau Toba kembali digencarkan kalangan mahasiswa.

Kali ini datang dari puluhan massa mengatasnamakan Gerakan Muda Pejuang Pembaharuan dan Aliansi Mahasiwa Masyarakat Peduli Penegakan Hukum Sumatera Utara yang menggelar aksi unjukrasa di Dinas Kehutanan Provinsi sumut, Senin (6/7/2015).

"PT. TPL bersumbangsih besar terhadap kerusakan alam di kawasan Danau Toba. Mereka (PT.TPL) juga telah merampas hak-hak masa rakyat di Danau Toba, karena kerusakan yang ditimbulkan," kata Koordinator Aksi, Abdullah Syah Lubis dalam pernyataan sikapnya.

Menurut Abdullah, selama ini pemerintah baik daerah maupun pusat, dinilai menutup mata terhadap dampak kerusakan yang telah ditimbulkan perusahaan itu.

"Darimana kertasnya kalau bukan nebang kayu, kan gitu sederhananya. Seharusnya pemerintah daerah, baik Gubernur dan DPRD Sumut tegas memberikan sanksi. Khususnya Kadis Kehutanan, Allen Purba, kalau tak sanggup sebaiknya mundur saja dari jabatan Kadis," pungkasnya.

Ditambahkan, menurut kajian dan pengamatan sejauh ini, lebih dari 70 persen masyarakat kawasan Danau Toba menolak keberadaan perusahaan itu.

"Untuk itu, kami juga mendesak Polda Sumut segera menindak perusahaan perusahaan TPL, ini tak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena ini soal masa depan Danau Toba dan masa depan generasi bangsa," pungkasnya.

Abdullah juga mengatakan, pihaknya menyayangkan adanya sejumlah pimpinan elemen mahasiswa yang dinilai seolah menjadi tameng keberadaan PT.TPL. Menurutnya, secara historis perjuangan mahasiswa, seharusnya melakukan pembelaan dan advokasi terhadap rakyat.

"Bukan malah menjadi tameng dan ikut mendukung perusahaan yang merusak hutan dan lingkungan. Kami sangat menyesalkan itu, tak pantas mereka disebut pimpinan agen perubahan bangsa," tandasnya.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa