post image
KOMENTAR
Pilkada Medan 2015 dipastikan akan hanya diikuti oleh 2 pasangan bakal calon walikota/wakil walikota. Meski jadwal pendaftaran bakal calon masih dibuka hingga hari ini, Selasa (28/7/2015) namun jika dilihat dari persentase jumlah kursi pendukung, maka tidak ada lagi jumlah kursi yang memenuhi syarat dukungan untuk mengusung pasangan lain selain 2 pasangan yang sudah mendaftar yakni pasangan Dzulmi Eldin-Akhyar Nasution dan pasangan Ramadhan Pohan-Eddi Kusuma.

Dzulmi Eldin-Akhyar diusung oleh PDI Perjuangan, Golkar, PAN, Nasdem, PKS, PBB, PKS dan PKPI dengan total 30 kursi atau 60 persen kursi di DPRD Medan. Sedangkan pasangan Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma diusung oleh Demokrat, Gerindra dan Hanura dengan total 15 kursi. Sementara 5 kursi milik PPP tidak jelas, mengingat KPU menganulir dukungan mereka akibat tidak adanya pernyataan mendukung 1 balon bersama dari 2 kepengurusan yang ada.

Dari 4 nama yang maju tersebut, 3 diantaranya merupakan politisi yang ikut bertarung di pemilu legislatif 2014 namun gagal yakni Akhyar Nsution, Ramadhan Pohan dan Eddi Kusuma.

Akhyar Nasution menjadi caleg DPRD Sumut nomor urut 1 dari PDI Perjuangan pada daerah pemilihan Sumut 7 yang meliputi Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Padang Sidimpuan dan Mandailing Natal.

Sedangkan Ramadhan Pohan menjadi caleg Demokrat untuk DPR RI dari dapil Sumut I meliputi Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi.

Sementara Eddie Kusuma merupakan caleg Gerindra untuk DPR RI dari dapil DKI Jakarta III yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kepulauan Seribu.

Sebelumnya pengamat politik USU, Agus Suryadi memprediksi sosok-sosok tersebut akan membuat penyelenggaraan Pilkada Medan 2015 menjadi pilkada paling tidak menarik sepanjang sejarah. Ia beralasan nama-nama yang muncul tidak mampu mencuri perhatian masyarakat di Kota Medan.

"Kita berharap ada pasangan calon lain, tapi kalau hanya dua pasangan ini saja yang resmi maju. Saya katakan inilah sejarahnya Pilkada Medan paling tidak menarik," katanya.[rgu]

Penundaan Pelantikan Kepala Daerah di Kepulauan Nias akan Membuat Kepulauan Nias Semakin Mundur!

Sebelumnya

Maju di Pilkada Sumut, Sofyan Tan Pasti Punya Hitung-hitungan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga