post image
KOMENTAR
Perang, apa pun jenisnya, perang selalu dimenangi oleh pihak yang memiliki landasan moral paling kuat. Bukan oleh pihak yang memiiliki dukungan pasukan, peralatan dan logistik yang baik.

Para santri yang digerakan KH Hasyim Asy'ari dkk, misalnya, berhasil memukul telak pasukan sekutu pemenang Perang Dunia II pada 10 November 1945. Kemenangan ini karena landasan moralnya jauh lebih kuat dibanding pasukan sekutu.

Begitu juga tentara rakyat Vietnam yang berhasil menghancurkan arogansi tentara Amerika Serikat, atau anak-anak dan pemuda Palestina (Intifadah) yang tak pernah berhasil dihancurkan tentara Zionis Israel yang super modern.

"Maka dengan landasan moral yang kuat, saya yakin, Rizal Ramli dkk akan berhasil memukul mundur para mafioso yang menguasai pelabuhan-pelabuhan, bisnis pesawat, jaringan pembangkit listrik, sektor pertanian, kelautan dan mafioso di sektor keuangan di negeri ini," ujar koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi melalui pesan elektroniknya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/9).

Keyakinannya ini diperkuat dari sejarah, yang tak pernah mencatat kekuatan besar tak bermoral berhasil memenangi peperangan melawan kekuatan moral.[rgu/rmol]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa