post image
KOMENTAR
Ketua SPSI Kota Medan, Jahotman Sitanggang mengatakan arus PHK sudah mulai terlihat akibat terpuruknya perekonomian Indonesia saat ini. Beberapa rekan mereka yang menjadi anggota serikat buruh dibawah SPSI menurutnya sudah mulai dirumahkan sementara oleh para pengusaha. Meski sifatnya masih dirumahkan, namun mereka khawatir kondisi ini akan terus berlanjut jika perekonomian tidak kunjung membaik.

"Di Medan sekarang sudah mulai ada ancaman PHK, saat ini sudah ada beberapa rekan kami yang dirumahkan," katanya, Kamis (3/9).

Jahotman menjelaskan, dirumahkannya beberapa rekan mereka oleh pengusaha tidak terlepas dari goyahnya perekonomian perusahaan tempat mereka bekerja. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada industri kecil dan menegah, melainkan industri besar juga terdampak akibat kondisi ini.

"Seperti kami misalnya di Industri Karet Deli (IKD) sekarang ini perusahaan sudah goyang dan sudah memakai dana cadangan. Kalau dana cadangan sudah habis, maka perusahaan tentu akan kolaps," ungkapnya.

Mereka berharap pemerintah lebih cepat mengambil langkah-langkah untuk menyelamatkan dunia usaha dan tenaga kerja yang saat ini tengah diambang krisis.

"Kami meminta pemerintah memiliki inisiatif dan kebijakan mendesak untuk memberdayakan agar usaha tetap berjalan, kalau bisa diberi subsidilah tenaga kerja dan kemudahan bagi pengusaha," demikian Jahotman.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi