post image
KOMENTAR
Asosiasi Kopi Taneh Karo (AKTK) akan menggelar deklarasi dan Festival Kopi Rakyat.

Pagelaran ini akan  diselenggarakan di Open Stage, Taman Mejuah-juah Berastagi, 3 hingga 4 Oktober 2015 mendatang. Festival Kopi Rakyat yang diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan apa manfaat asosiasi kopi bagi petani kopi. Selain itu, kita juga berharap agar melalui kegiatan ini dapat sekaligus membangkitkan semangat petani dalam budidaya tanaman kopi,"
kata Ketua AKTK Wilson R. Sembiring didampingi Ketua Panitia Festival Kopi Rakyat Benson A. Kaban dalam konfrensi persnya di  Omerta Koffie, Jalan Wahid Hasyim, Senin (14/9) siang.

Wilson mengatakan, melalui kegiatan Festival Kopi Rakyat nantinya akan disosialisasikan program AKTK untuk lima tahun kedepan kepada petani, membuka prespektif pemikiran petani kopi, mulai dari pembibitan, budidaya dan paska panen.

"Kita juga akan meluncurkan  Kartu Tanda Anggota AKTK yang berfungsi ganda sebagai ATM, berupa buku tabungan simpan-pinjam sekaligus mendapatkan asuransi jiwa bagi anggota AKTK yang telah terdaftar. Kartu ini dimaksudkan akan memutus mata rantai rentenir yang menjerat para petani kopi," ungkapnya.

Ketua Panitia Festival Kopi Rakyat sekaligus Sekertaris AKTK, Benson A. Kaban mengatakan, festival kopi rakyat dan deklarasi AKTK ini diadakan, untuk membangkitkan kopi Karo sebagai satu brand yang sejajar dengan kopi lainnya di Nasional.

"Kopi Karo sebagai andalan kopi Nusantara dikancah kopi internasional, perlu kiranya membangkitkan semangat petani kopi dalam membudidayakan tanaman kopinya. Ini juga untuk membuka pemikiran petani kopi yang ditanamnya untuk dapat dinikmati dengan meminumnya langsung," jelasnya.

Dirinya berharap, terselenggaranya Festival Kopi Rakyat dan dideklarasikan terbentuknya AKTK, mereka berharap agar hubungan harmonis dapat tercipta dengan seluruh pihak, baik antara AKTK dengan instansi pemerintah, perusahaan, serta personal, mulai dari pembibitan, budidaya dan paska panen dan pemasaran kopi.

"Penyelanggaraan Festival Kopi Rakyat yang digagas oleh AKTK di Berastagi dan dipastikan akan dihadiri 5000 orang petani kopi di seluruh Kabupaten Karo," ungkapnya.

Ia mengaku, serangkaian kegiatan yang turut diselenggarakan nantinya di acara tersebut, diantarnaya Demo Roasting Coffee, Pameran Usaha Kopi (Cafe), Pameran Produk Kopi Kemasan, Lomba Fotography ber-tema-kan Kopi, Pemilihan Putri Kopi Taneh Karo, serta pegelaran seni dan budaya.

"Kita juga akan membuat pertandingan catur Karo, pameran hasil kerajinan tangan di Karo, dan perform sejumlah artis-artis top dari Taneh Karo," pungkasnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi