post image
KOMENTAR
Pecinta batu permata atau gemstone agaknya perlu memasukkan Kolombia dalam daftar negara yang patut dikunjungi. Pasalnya, negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan itu merupakan rumah bagi salah satu jenis gemstone tercantik di dunia, yakni esmeralda. Di Indonesia esmeralda dikenal dengan sebutan zamrud, dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama emerald.

‎Esmeralda merupakan jenis batu mulia yang memiliki warna khas yakni hijau. Selama lebih dari 4.000 tahun, esmeralda dinilai sebagai salah satu batu permata paling berharga di dunia.

‎Esmeralda sendiri saat ini telah menyebar dan banyak di jual di seluruh dunia. Namun ternyata, negara produsen esmeralda terbesar di dunia adalah Kolombia. Kolombia meyumbang lebih dari 70 persen produksi esmeralda di dunia. Bahkan, merujuk pada data data U.S. Geological Survey dalam laporan "2010 Minerals Yearbook: Colombia", produksi esmeralda di Kolombia meningkat secara drastis sejak tahun 2000 hingga 2010, mencapai hingga 78 persen dari seluruh esmeralda yang tersebar di dunia.

‎Di Kolombia, dua di antara 32 departemen pemerintahannya merupakan tempat pertambangan utama esmeralda, yakni Boyacá dan Cundinamarca. Tiga lokasi utama pertambangan esmeralda di departemen tersebut adalah Muzo, Coscuez, dan Chivor. Wilayah tersebut merupakan wilayah yang dilintasi oleh jalur Pegunungan Andes yang membentang di sebagian besar wilayah benua Amerika Selatan.

‎Sejumlah geologis bahkan pernah menyabut bahwa esmeralda yang ada di Kolombia merupakan esmeralda murni karena kelangkaan batuan sedimen dalam deposito yang ditemukan dalam batu tesebut.

‎Bila bertandang ke Kolombia, sempatkanlah membeli esmeralda murni. Tidak sulit menemukan tempat untuk membeli esmeralda di Kolombia. Di ibukota Kolombia, Bogota, banyak toko perhiasan yang menjajakan esmeralda. Namun bila ingin menemukan lebih banyak pilihan esmeralda dengan harga variatif, turis biasa datang ke pusat perdangan esmerada yang terdapat di sejumlah kawasan di Bogota, salah satunya adalah di kawasan wisata, La Candelaria. Puluhan toko menjual esmeralda, baik dalam bentuk batu yang belum dipoles, batu yang sudah dipoles, hingga yang sudah digabungkan dengan emas dan dijadikan perhiasan.

‎Namun turis yang datang perlu teliti dalam membeli esmeralda. Karena tidak sedikit toko yang menjual esmeralda dengan kualitas yang kurag baik namun mematok harga tinggi. Namun demikian, banyak juga toko yang menjual esmeralda sesuai dengan tingkat kualitasnya. Ada baiknya membeli esmeralda di toko yang cukup besar dan membeikan sertifikat bagi setiap esmeralda yang dijual.

‎Harga yang ditawarkan setiap toko pun bervariasi, untuk batu esmeralda yang masih daam bentuk bongkahan dan belum dipoles, bisa ditemukan mulai harga kurang dari USD 10. Sedangkan untuk esmeralda yang sudah dipoles, harganya bisa berkisar mulai USD 15 hingga ratusan dolar AS, tergantung pada ukuran dan tingkat kemurnian. Untuk esmeralda yang sudah berbentuk perhiasan, harganya bisa lebih mahal lagi.

‎Selain membeli esmeralda, turis juga bisa lebih mengenal esmeralda dengan bertandang ke Museum Emas (Museo del Oro) dan Museum Esmeralda yang juga terletak di pusat kota Bogota.

‎Selain di Bogota, esmeralda juga bisa ditemukan di sejumlah kota lainnya di Kolombia, seperti Cartagena. Di Cartagena juga terdapat Museum Esmeralda serta pusat penjualan esmeralda.[hta/rmol]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle