post image
KOMENTAR
Lembaga Pengembangan Pariwisata Hamparan Perak (LPPHP) Sumatera Utara (Sumut) meminta pemerintah agar mendukung dan mengembangkan pariwisata baru agro wisata Sumut yang beralamat di Desa Sei Baharu Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deliserdang, untuk menarik minat turis domestik dan mancanegara.

Hal ini dikatakan Wakil Sekretaris HKTI Medan Oka Hatta yang juga bekerjasama dengan pihak LPPHP dalam mengembangkan agro wisata tersebut kepada MedanBagus.Com, Jumat (27/11).

"Kita mendukung agro wisata ini karena berupa taman yang mendukung ekonomi masyarakat sekitar. Hal ini merupakan ikrar tokoh masyarakat setempat agar agro wisata ini menjadi tujuan pariwisata baru di Sumut," ujarnya.

Oka menambahkan, luas lahan taman agro bisnis Hamparan Perak ini berkisar 8 hektare (ha). Taman ini juga sebagai studi banding atau pertukaran pelajar antar negara, yakni Indonesia dengan negara lainnya, terutama negara tetangga.

"Selama ini, yang sudah dibudidayakan adalah, pohon kelengkeng, pohon mangga, pohon durian, pohon jambu dan lain sebagainya. Sedangkan yang mengelola adalah kelompok Home Stay, kelompok kuliner dan kelompok pembina UMKM," katanya.

Dijelaskannya, taman agro wisata itu sudah sejak lama dibangun, yakni pada tahun 2006. Dan ini sesuai dengan prioritas musrembang Provinsi Sumut 2015, diantaranya  pertanian dalam mendukung program Kementerian Pertanian dalam mencapai target swasembada pangan di Sumut, kemudian pariwisata dalam mendukung Program Kementerian Pariwisata, yang diprioritaskan kepada Danau Toba dan UMKM.

Sehingga, sambungnya, implementasinya pengelola LPPHP menyikapi agar agro wisata ini masuk ke dalam prioritas program Kementerian Pariwisata, agar agro wisata Hamparan Perak dikembangkan dan didukung sebagai destinasi pariwisata baru di Sumut. Dalam hal ini sudah bersinergi dengan pemerintah, dalam bantuan berupa pohon mahoni, pohon kelengkeng dan sebagainya.

"Tahun lalu, pihak mancanegara, salah satunya Negara Malaysia telah berkunjung melihat taman ini dalam acara Pekan Tamasya Bahari ke 6 yang diadakan setiap tahunnnya. Untuk tahun ini akan diadakan lagi pada Desember 2015 mendatang," ujarnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Ekonomi