post image
KOMENTAR
Ketua MPR Zulkifli Hasan sependapat dengan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang meminta pemangku kepentingan untuk mengevaluasi pembelian helikopter kepresidenan produk AgustaWestland AW101 dari Italia.

"Saya mendukung penuh pernyataan Pak JK bahwa helikopter kepresidenan yang sekarang masih bagus. Utamakan produk dalam negeri sesuai dengan Nawacita yang didengungkan presiden," kata Zulkifli di sela-sela jamuan makan malam dengan delegasi Parlemen Georgia di Hotel Mulia, Selasa (1/12).

Sebelumnya Wapres JK mengatakan pembelian helikopter khusus orang sangat penting (VVIP) bagi presiden dan wakil presiden sangat berlebihan. JK berpendapat helikopter kepresidenan jenis Super Puma untuk VVIP yang saat ini dioperasikan TNI Angkatan Udara masih baik. Helikopter itu dibeli pada era Presiden Abdurrahman Wahid.

Zulkifli juga berpendapat sama bahwa helikopter Super Puma itu merupakan produk dalam negeri kerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia. "Menjadi simbol negara yang sesuai dengan Nawacita, yaitu cinta produk dalam negeri," katanya.

Menurut Zulkifli, sangat tepat usulan untuk menggunakan helikopter VVIP yang ada sekarang. "Presiden dan wakil presiden juga jarang menggunakan, rata-rata hanya satu atau dua kali dalam sebulan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Zulkifli, ada kekhawatiran bahwa produk helikopter VVIP dari Italia itu adalah produk pesanan India yang tidak jadi dibeli.

"Harga heli yang ingin dibeli itu puluhan juta dolar, alangkah lebih baik dialihkan untuk pembelian alutsista yang lain," tukas Ketua Umum PAN itu. [hta/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa