post image
KOMENTAR
Menjelang perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, penumpang pesawat domestik di Bandara Kualanamu Internasional Airport (KNIA) Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut) melonjak. Hal ini juga dikarenakan bersamaan dengan memasuki masa liburan sekolah.

Kepala Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru Bandara KNIA Deli Serdang Jasirin mengatakan, lonjakan penumpang untuk keberangkatan domestik meningkat berkisar 11 persen. Dan ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tetapi, untuk keberangkatan luar negeri menurun mencapai 6 persen.

"Tahun 2015 kemarin penumpang berkisar 11.236 orang, kalau tahun ini sebanyak 12.886 orang, " jelasnya, Senin (21/12).

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Jasirin, pihak Bandara melakukan penambahan "ekstra flight", seperti Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia.

"Ada beberapa maskapai yang sudah mengajukan ekstra flight, jika nanti diperlukan," ujarnya.

Dikatakannya, puncak lonjakan penumpang pesawat di Bandara KNIA, terjadi pada dua hari menjelang perayaan Tahun Baru 2016. Sedangkan, lonjakan penumpang arus balik terjadi pada tiga hari setelah perayaan Tahun Baru.

"Untuk memudahkan para calon penumpang, kita menyediakan sejumlah Customer Service (CS) yang berpakaian khusus, yakni Santa Claus (Sinterklas). Ini sebagai apresiasi kita kepada penumpang yang merayakan Natal dan Tahun Baru," tandasnya.

Sementara itu, Petugas Costumer Service Fara Claudia menuturkan, dirinya menggunakan kostum Sinterklas karena ikut memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru. Kita juga membantu penumpang yang mungkin masih kebingungan mencari jalur menuju rute keberangkatan," katanya.

Fara menambahkan, lonjakan penumpang sebenarnya sudah terjadi sejak Minggu (20/12) kemarin. Hal ini, lanjutnya disebabkan banyak penumpang yang bekerja di luar Sumut. Sehingga mengambil cuti panjang lebih awal, karena ingin merayakan Natal di kampung halamannya. Apalagi, satu hari menjelang Natal dan Tahun Baru, pada umumnya penumpang bisa melonjak mencapai 2-3 kali lipat.

"Apalagi, saat ini pihak maskapai penerbangan belum menaikkan harga tiket," tukasnya. [hta]

Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas