post image
KOMENTAR
Rangkaian acara "Medan Meditasi: Medan Magnet Merdeka" oleh komunitas Spiritual Indonesia mulai digelar sore ini, Senin (21/12) di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU). Acara ini akan diawali dengan upacara nasional dan dilanjutkan dengan rangkaian pertunjukan seni spiritual oleh para seniman TBSU.

Koordinator acara Ahmad Arief Tarigan mengatakan acara ini menjadi ajang kampanye budaya spiritual yang selama ini semakin terkikis dari masyarakat Indonesia.

"Kita khususnya bangsa Asia punya budaya spiritual yang menjadi kekuatan inti peradaban," katanya sesaat lalu.

Arief menjelaskan, pemilihan TBSU sebagai tempat pembukaan "Medan Meditasi: Medan Magnet Merdeka" menjadi salah satu bagian dari mereka untuk menghidupkan budaya spiritual masyarakat. Sebab, budaya dan seni menurutnya merupakan pintu masuk kedalam lapisan terdalam spiritual manusia.

"Kita menganggap TBSU representatif untuk memunculkan sisi spiritual itu," ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh redaksi, pembukaan ini akan menampilkan musik spiritual oleh maestro award musik Irwansyah Harahap, puisi medan spiritual oleh Teja Purnama, Puisi mistik oleh Yondik Tanto dan meditasi hening oleh Ramli Azis.

Rangkaian kegiatan ini juga akan mengadakan ziarah spiritual ke situs-situs bersejarah diseputar kota Medan seperti Situs Putri Hijau, Situs Urung Datuk Sunggal, Makam Guru Patimpus di Hamparan Perak, Rumah Kapitan Tjong A Fie dan berakhir di Lapangan Merdeka dengan Meditasi Massal pada 23 Desember 2015 mendatang.

Selain acara tersebut ada juga rangkaian acara hari kedua yakni Workshop Anti Kejahatan Hipnotis Jalanan oleh Yohannes Hidachi Cht dan Menguak Topeng Nabi-nabi baru oleh Hujan Tarigan.[rgu]

Pemantapan Sebelum Dipentaskan Diajang Bergengsi, Mantra Bah Tuah Mendulang Dukungan dan Apresiasi

Sebelumnya

Pakat Melayu, Tegaskan Komitmen Jaga Budaya Melayu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Budaya