post image
KOMENTAR
Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumut mengajak stakeholder untuk melakukan gerakan penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Deli.Pasalnya, kondisi Sungai Deli saat ini sudah tercemar dan masuk ke dalam kategori sangat memprihatinkan, terutama di daerah hilir.

Salah satu upaya yang dilakukan, adalah penanaman pohon di daerah DAS Sungai Deli. BLH Sumut menggandeng PT Soci Mas untuk menanam pohon sebanyak 3000 pohon di kawasan tersebut pada Selasa (22/12). Penyerahan bibit pohon dilakukan di taman edukasi Avros Medan.

"Hari ini dari PT Soci memberikan 3000 bibit untuk di tanam di hulu Sungai Deli, sehingga bisa bermanfaat dan untuk penghijauan di sekitar DAS," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumut, Hidayati.

Hidayati mengungkapkan, 3000 bibit yang disebar di hilir sungai Deli tersebut yakni bibit mahoni dan jati.  Bibit pohon ini langsung diserahkan kepada lima kecamatan yang merupakan daerah tangkapan air sungai Deli yakni kecamatan Medan Maimun, Medan Polonia, Medan Marelan,Medan Petisah juga Medan Labuhan.

Ia menjelaskan, untuk melakukan gerakan penyelamatan sungai Deli maka pihaknya bersinergi dengan stakeholder seperti PT Soci Mas dengan memanfaatkan dana CSR yang ada, selain itu pihaknya juga bekerjasama dengan lembaga yang konsern terhadap penyelamatan sungai Deli, seperti Komunitas Pecinta Anak Sungai Deli.

"Untuk mewujudkan penyelamatan sungai Deli ini kita butuh kerjasama dengan berbagai pihak, apalagi kami hanya bisa menjadi host fasilitator untuk penanamannya. Apalagi pak Plt Gubsu sudah benar-benar menginstruksikan kita agar benar-benar melakukan upaya penanaman pohon di sepanjang sungai Deli ini," jelasnya.

Dia menambahkan, penanaman pohon ini juga nantinya akan diawasi sehingga bisa tumbuh dengan baik, selain itu diharapkan Hidayati di kawasan tengah sungai Deli yang saat ini juga sudah mengalami pencemaran sedang sebaiknya ditanam pohon buah-buahan yang bisa bernilai ekonomis bagi warga sekitar seperti pohon manggis, sawo, juga mangga.

"Kalau di daerah tengah sungai Deli ini sebaiknya nanti lebih banyak ditanam pohon buah-buahan sehingga bisa bernilai ekonomis bagi warga juga warga akan antusias merawatnya," ucapnya.

Sementara itu, General Manager PT Soci Mas, Refnil Dodi mengatakan, pemberian bibit pohon ini merupakan program terakhir yang dilakukan CSR PT Soci Mas. Sebelumnya kata Refnil, pihaknya sudah melakukan penanaman hutan bakau di Percut Sei Tuan sebanyak 4000 pohon. Melakukan operasi katarak juga donor darah bekerjasama dengan PMI.

"Kami juga sudah melibatkan masyarakat untuk memanfaatkan limbah pora-pora untuk diolah menjadi produk kerajinan anyaman, selain itu juga bantuan rumah ibadah dan menggandeng Buddha Tzuchi Indonesia untuk memanfaatkan semua limbah yang bisa dijual seperti kertas dan lainnya dan hasil penjualannya untuk bantuan pendidikan dan kesehatan," ujar Refnil.

Dijelaskannya, PT Soci Mas merupakan anak perusahaan dati PT Sinar Mas grup yang berlokasi di KIM satu. "Semua dana CSR ini kami peruntukkan kepada masyarakat, mudah-mudahan hasilnya akan baik," katanya.[rgu]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam