post image
KOMENTAR
Kepala Polisi Resor (Kapolres) Kota Sawahlunto, AKBP Djoko Ananto mengatakan para penganut paham radikalisme tidak selalu menggunakan atribut bernuansa keagamaan ketika berusaha mendekati atau melakukan upaya perekrutan anggota.

"Berdasarkan pengamatan saya, gerakan mereka saat ini jauh lebih terkoordinasi dari sebelumnya dan modus yang digunakan juga semakin beragam sehingga sulit untuk dikenali," kata dia di Sawahlunto, seperti dilansir antara, Sabtu (27/12).

Menurutnya, dalam aksi yang mereka lancarkan dalam merekrut anggota baru, saat ini tidak selalu terlihat dilakukan oleh orang-orang yang menggunakan pakaian atau simbol-simbol agama tertentu dan terlihat seperti orang biasa dengan aktivitas rutin juga dilakukan seolah-olah biasa juga.

Ia menjelaskan, ketika upaya penggalangan yang mereka lancarkan mulai mendapat tanggapan positif oleh orang yang telah mereka jadikan sasaran perekrutan, maka secara perlahan mulai dipengaruhi cara berpikir dan idealismenya agar mengikuti pendapat mereka dan ikut bergabung dalam kegiatan-kegiatan teror yang akan mereka lakukan.

Untuk itu, lanjutnya, satu-satunya cara untuk mengantisipasi upaya mereka tersebut adalah dengan meningkatkan kewaspadaan dini terkait cegah dan tangkal perkembangan paham radikal tersebut, yang dilaksanakan dengan kesadaran penuh serta semangat tinggi untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan begitu, ruang gerak para pelaku teror dalam melakukan perekrutan atau merancang sasaran dan sarana yang akan digunakan, mampu dipersempit sehingga peluang untuk mencegah terjadinya aksi teror semakin besar dan kondusifitas kamtibmas dapat terpelihara dengan baik," kata dia.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa