post image
KOMENTAR
Dalam ekonomi dunia yang semakin dikembangkan dengan ide, desain telah menemukan tempat tersendiri sebagai elemen penting untuk mempromosikan perubahan, memecahakan masalah serta memperbaharui gaya hidup.

Hal itu nampaknya amat disadari oleh negara tetangga Indonesia, Singapura. Dalam dalam beberapa tahun terakhir, Singapura mengembangkan reputasi yang baik di bidang desain. Menurut survei yang dilakukan oleh Bloomberg Singapura, Singapura menduduki posisi kedua setelah Jepang untuk tujuan Asia yang terkait dengan desain.

Di luar survei itu, setidaknya ada tiga alasan utama yang menjadikan Singapura sebagai negara tujuan terkait desain, seperti dilansir YourSingapore:

1. Pemerintah Singapura mendedikasikan sumber daya untuk mengembangkan sektor desain
Pada tahun 2003, Singapura mendirikan Dewan DesignSingapore untuk membantu mengembangkan sektor desain Singapura. Organisasi ini didirikan sebagai reaksi terhadap laporan dari Economic Review Committee yang menyebut bahwa ada tiga sektor baru yang memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi bersama dengan kemajuan sosial negara, yakni industri kreatif, pendidikan dan kesehatan.

Dewan tersebut bertugas untuk mendorong Singapura terlibat dalam persaingan global di bidang desain dan fokus pada pengembangan pasar dan industri. Dewan juga bertugas untuk memfasilitasi permintaan jasa desain dan produk desain yang tumbuh.

2. Upaya desain mengarah pada pengakuan dan apresiasi
Konsentrasi Singapura untuk mengembangkan sektor desain telah menghasilkan banyak hasil yang nyata, termasuk pengakuan yang signifikan dari organisasi terkemuka.

Salah satu pengakuan itu datang dari perusahaan konsultan pemasaran Solidiance yang menyebut bahwa Singapura menempati posisi wahid di Asia Pasifik untuk desain, inovasi dan perusahaan kreatif.

3. Singapura menjadi tuan rumah acara designer dari seluruh dunia
Pelaku kreatif dan desain umumnya mendorong kegiatan-kegiatan desain baik berupa konferensi, showcase, pameran dan lokakarya di Singapura.[rgu/rmol]

Instagram Ternyata Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan Mental

Sebelumnya

7 Destinasi Wisata Alam Paling Mengesankan di Bali

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Lifestyle