post image
KOMENTAR
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan pemberantasan korupsi tidak hanya soal penindakan tapi juga pencegahan. Pencegahan tersebut meliputi analisis dan kajian terhadap daerah-daerah yang pejabatnya kerap terjerat kasus korupsi seperti Riau dan Sumatera Utara.

"Unit gabungan perlu untuk melakukan ‎penelitian terhadap sistem, mungkin ada sistem yang salah dan perlu penelitian untuk perbaikan. Misalnya Gubernur Riau tiga kali berturut-turut kena masalah dan Sumut juga, ada apa? Itu akan dikaji, mungkin sistem harus diperbaiki," kata Badrodin usai bertemu pimpinan KPK di Mabes Polri, Senin (4/1).

Hal-hal yang perlu di kaji dalam hal ini menurut Kapolri yakni mulai dari sistem penerimaan pegawai, penempatan pejabat hingga sistem penganggaran keuangan daerah. Aspek-aspek tersebut menurutnya menjadi hal yang penting mengingat akar korupsi selalu bermula dari kondisi tersebut.

"Ya sistemnya kita teliti. Kalau misalnya di Pemda bagaimana sistem penganggaran keuangan bagaimana, itu bisa kita teliti," ujarnya.

Diketahui, Gubernur non aktif Riau Annas Maamun dan Gubernur non Aktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho saat ini ditahan oleh KPK karena terjerat kasus dugaan korupsi. Tidak tanggung, keduanya dijerat kasus korupsi untuk beberapa kasus yang terjadi secara bersamaan.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa