Rabu, 06 Januari 2016 , 08:51:00 WIB

Diingatkan, Aktifitas Sinabung Masih Berbahaya

Laporan:

Dalam sepekan terakhir, Gunung Sinabung masih menunjukkan aktifitas yang sangat tinggi. Tercatat masih banyak gempa-gempa guguran dan juga kejadian seperti erupsi dan awan panas. Ini menandakan kondisi Gunung Sinabung masih sangat berbahaya.

Ketua Tim Pos Pengamat Gunung Api Sinabung, Armen Putra menuturkan, sepekan terakhir, aktifitas Gunung Sinabung semakin meningkat, dengan ditandai terjadinya erupsi berupa abu vulkanik yang masih mengarah ke barat. Dan untuk pertumbuhan kubah lava masih terjadi, walaupun intensitasnya kecil.

"Untuk kubah lava tidak sebesar bulan-bulan yang lalu tapi masih ada pertumbuhannya. Kita juga melihat masih terjadinya guguran-guguran yang mengarah ke tenggara dan timur," ujarnya, Selasa (5/1).

Dikatakannya, status Gunung Sinabung belum juga diturunkan, yakni masih berstatus Awas (Level IV), bahkan status tanggap darurat erupsi Sinabung diperpanjang.

"Ini berarti kondisi Gunung Sinabung masih berbahaya. Karena itu, diminta warga yang tinggal di radius hingga 7 kilometer (km) agar tetap di pengungsian, karena letusan bersifat fluktuatif yang sewaktu-waktu bisa terjadi," tukasnya.[rgu]


Comments