post image
KOMENTAR
Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Apoan Simanungkalit, marah besar kepada instansi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut).

Kemarahan Apoan dipicu karena ketidakhadiran satu orang pun pihak Disnakertrans pada acara Inpeksi Mendadak (Sidak) Anggota DPRD ke PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT). Padahal, sidak ini terkait karena adanya mogok kerja dan tuntutan para buruh penyuplai barang dagangan ke Minimarket Alfamart.

Apoan juga mengatakan hal ini merupakan pelecehan terhadap lembaga DPRD. "Ini namanya melecehkan marwah anggota dewan. Sementara, pihak Disnakertrans sudah berjanji akan hadir dalam sidak, namun kenyataannya malah tidak hadir. Kita akan tetap tunggu kehadiran pihak Disnakertrans Deli Serdang, jika tidak maka akan kita akan surati bupati dan menghadap bupati untuk menyampaikan hal ini," ketus Apoan dihadapan perwakilan buruh dan Managemen di ruang rapat PT SAT, Selasa (19/1).

Akibat ketidakhadiran Disnakertrans Deli Serdang ini, pertemuan urung dilaksanakan. Padahal sejak pukul 10.00 wib , Apoan Simanungkalit bersama dua anggota DPRD  lainnya telah hadir.

Terlihat beberapa kali Apoan menelepon pihak Disnakertrans Pemkab Deli Serdang tersebut. Namun, hampir satu jam menelepon, tak kunjung ada jawaban pasti terkait kehadiran dari pihak Disnakertrans tersebut. Bahkan, sesekali Apoan dari sambungan telponnya mengeluarkan nada keras dan ancaman agar Kadisnakertrans tidak anggap remeh terhadap persoalan rakyat.

Bahkan, pada saat dirinya menghubungi Kepala Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Deli Serdang Makmur Tinambunan, Apon mengecam tidak diijinkan menginjakkan kaki ke kantor DPRD Deli Serdang, karena dianggap mengingkari kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

"Jangan main-main, saya sudah laporkan hal ini ke bupati, kami tunggu sekarang juga, kalau tidak maka pihak Disnakertrans Deli Serdang tidak boleh lagi menginjakkan kaki ke kantor DPRD Deli Serdang," hardik Apoan melalui telepon genggamnya.

Namun, pihak Disnakertrans Deli Serdang tak juga kunjung hadir di dalam rapat tersebut.

Sementara itu, ratusan buruh masih melakukan aksi mogok kerja di depan gerbang PT SAT, sejak pukul 10.00 Wib. Mereka melakukan orasi menyampaikan tututannya, yakni tolak PHK Sepihak dan pelaksanaan Hak Normatifnya. Selain Apoan turut hadir bersamanya ketua Komisi B , Tolopan Silitonga dari Fraksi Golkar.

Selain itu, sebanyak delapan orang perwakilan buruh Alfamart bersama pihak managemen PT SAT juga tampak memenuhi ruang rapat kantor PT SAT. Hingga siang ini para anggota dewan tersebut masih bertahan di perusahaan menunggu datangnya pihak Disnakertrans guna digelarnya pertemuan.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa