post image
KOMENTAR
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengatakan progres pembangunan jalur rel kereta api sepanjang 80 km dari Kota Binjai hingga Besitang, Kabupaten Langkat hingga saat ini masih sesuai perencanaan. Hal ini disampaikannya saat meninjau pembangunan rel tersebut bersama Plt Gubenur Sumatera Utara T Erry Nuradi, dan unsur FKPD Kota Binjai, Kamis (4/2).

"Progresnya masih sesuai rencana, harapan saya pembangunan rel 80 kilometer sudah selesai, nanti tahun berikutnya tinggal sosialisasi," katanya kepada wartawan.

Jonan menjelaskan, sosialisasi pembangunan kembali jalur rel kereta api ini sangat perlu mengingat jalur yang ada selama ini sudah tidak aktif lagi. Dukungan dari pemerintah daerah dan segenap elemen masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini, termasuk persoalan pembersihan (penertiban) jalur.

"Ini kan sudah lama tidak dipakai, kalau tidak ada sosialisasi perlintasan sebidang bisa celaka orng," ujarnya.

Pemerintah Pusat menurut Jonan memiliki rencana kedepan untuk melanjutkan pembanguan rel tersebut hingga ke Langsa, Provinsi Aceh. Namu hal tersebut harus menunggu anggaran dari pusat untuk keperluan pengadaan lahan.

"Ya kita lihat anggaran, kalau ada kita lanjut. Kalau sampai ke Langsa kemungkinan persoalan padat penduduk, pembebasan lahan. Tapi pada prinsipnya kalau masyarakat mau menjual tanahnya pemerintah akan membangun rel ini panjangnya kira-kira 350 kilometer," ujarnya.[rgu]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi