post image
KOMENTAR
Dua maskapai besar asal Jepang berencana mengubah sejumlah rute penerbangan di tengah kekhawatiran akan rencana Korea Utara yang hendak meluncurkan satelit ke luar angkasa.

Maskapai tersebut adalah All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL). Pada Jumat (5/2), kedua maskapai itu mengumumkan akan mengubah sejumlah rute antara tanggal 8-25 Februari mendatang.

Rute yang dialihkan adalah yang melintasi wilayah udara perairan Filipina. Pasalnya, wilayah tersebut diperkirakan akan terkena serpihan debu atau puing bila Korut meluncurkan satelit.

Menurut keterangan dari ANA seperti dirilis Asia One, perubahan tersebut akan berpengaruh kepada tiga rute penerbangan ANA, yakni dari bandara Haneda Tokyo ke Manila, dari Manila ke bandara internasional Narita Tokyo dan dari Jakarta ke Narita.

Sementara itu JAL akan mengubah rute penerbangan dari Jakarta ke Narita dan dari Narita ke Manila.

Diperkirakan, semua penerbangan akan menderita penundaan antara lima hingga 10 menit.

Untuk diketahui, awal pekan ini Korea Utara menyampaikan kepada PBB soal rencana peluncuran satelit ke luar angkasa. Satelit itu disebut Korea Utara bertujuan untuk melakukan pengamatan bumi.

Namun rencana tersebut ditentang oleh sejumlah negara, terutama Amerika Serikat, Korea Selatan dan juga Jepang.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi