post image
KOMENTAR
Tokoh pemuda Sumatera Utara yang kini menjabat Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadireskrimsus) Polda Sumatera Utara, AKBP Maruli Siahaan dianggap menjadi sosok yang mumpuni untuk memimpin Sumatera Utara. Demikian disampaikan praktisi hukum, Tribrata Hutauruk kepada wartawan. Menurutnya pengalaman Maruli selama bertugas di kepolisian sudah membuatnya menjadi sosok yang teruji dalam menghadapi karakter masyarakat di Sumatera Utara. Hal ini menurutnya menjadi modal penting untuk keberhasilan memimpin Sumatera Utara.

"Sumatera Utara menjadi salah satu barometer berbagai sendi kehidupan di Indonesia. Dibutuhkan kerja keras bersama dalam membangunnya, dan tentu hal ini juga sangat dipengaruhi oleh karakter pemimpinnya yang bisa merangkul semua kalangan dan golongan masyarakat," katanya, Senin (8/2).

Sementara itu, pengamat politik dari USU, Drs Henry Sitorus meminta semua partai politik melakukan seleksi ketat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut yang diusung dalam Pilgubsu 2018 mendatang. Ini perlu dilakukan, agar figur yang bakal diusung tersebut, benar-benar memiliki komitmen pro rakyat dan tidak melakukan pengkianatan terhadap kontrak politik yang telah disepakati.

"Masyarakat di daerah ini tentunya tidak ingin masalah serupa kembali menimpa Gubsu periode mendatang," tegas Dosen Fisipol USU ini.

Untuk menjawab tantangan tersebut, katanya, parpol memiliki tanggung jawab serta harus lebih jeli dan selektif sebelum menetapkan cagubsu yang akan maju dalam Pilkada 2018. Tantangan tersebut, lanjut dia, hanya bisa direalisasikan jika setiap parpol dan masyarakat legowo dan sepakat untuk mengusung sosok tokoh terbaiknya yang tidak  bermasalah hukum serta mengharamkan politik uang.[rgu]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa