post image
KOMENTAR
Tiga orang nelayan berkewarganegaraan Myanmar yang ditangkap oleh petugas patroli TNI AL di perairan seputaran Pulau Salah Nama hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan di Pangkalan Utama TNI AL di Belawan. Sedangkan seorang rekan mereka yang tewas ditembak petugas dievakuasi ke ruang jenazah RS Pirngadi, Medan.

Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Yudo Margono mengatakan proses pelanggaran batas wilayah negara dan proses pencurian ikan yang mereka lakukan akan diproses sesuai aturan yang berlaku di Indonesia. Modus menggunakan ABK asal Myanmar oleh para pengusaha ikan Malaysia menurut Yudo sudah menjadi hal yang sering dilakukan untuk mengelabui petugas.

"Kapalnya milik Malaysia tapi ABK nya orang Myanmar. Modus seperti ini sudah sering disana. Namun mereka tidak boleh seenaknya masuk ke Indonesia dan mencuri ikan, ini akan tetap diproses," tegasnya.

Hingga berita ini disiarkan, identitas nelayan yang tewas dan 3 rekannya yang berhasil ditangkap petugas masih belum diketahui. Petugas menurut Kadispen Lantamal I Belawan, Mayor Sahala Sinaga kesulitan memintai keterangan mereka karena terkendala bahasa.

"Saat ditanyai mereka hanya diam. Kita butuh juru bahasa untuk memeriksa," ujarnya.

Diketahui petugas patroli TNI AL yang menggunakan KAL Viper menyergap kapal nelayan berbendera Malaysia KF5615 pada Rabu (10/2) kemarin. Dalam penyergapan tersebut petugas terpaksa melepas tembakan karena mereka menolak menyerah. 1 orang nelayan tewas tertembak petugas.[rgu]

LPM dan FKM USU Gelar Edukasi Kesahatan dan Pemberian Paket Covid 19

Sebelumnya

Akhyar: Pagi Tadi Satu Orang Meninggal Lagi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa