post image
KOMENTAR
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diusulkan melebur menjadi satu.

"Ya lembaga baru. Dua ini melebur. Kan arahannya kan lembaga negara diciutkan. Jadi cukup dua, KPU dan lembaga ini," kata anggota DKPP Saut H Sirait kepada wartawan di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (11/2).

Saut mengatakan, lembaga baru itu nantinya akan menangani semua proses pilkada dan pemilu. Mulai dari tahapan, penyelenggraan hingga pemutusan hasil pilkada dan pemilu.

Soal fungsi, Saut menambakan, badan baru ini juga akan mengambil fungsi beberapa lembaga sekaligus terkait permasalahan pilkada dan pemilu. Seperti PTUN, Mahkamah Agung, pengadilan negeri. Termasuk tentunya DKPP dan Bawaslu.

"Fungsi Bawaslu, DKPP, PTUN, Mahkamah Agung dan Pengadilan Negeri ditarik semua, dilekatkan menjadi kewenangan lembaga baru ini. Jadi fungsi etik, fungsi pidana, fungsi adminstrasi, dan fungsi sengketa disatukan dalam satu badan ini," urai Saut

Saut menambahkan pertimbangan usulan peleburan DKPP dan Bawaslu ini berdasarkan hasil rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR beberapa waktu lalu. DKPP kala itu diminta untuk melaporkan dan mengevaluasi hasil pilkada serentak 2015. Selain itu, melihat kerumitan pelaksanaan pilkada termasuk hasil yang tak sesuai harapan, maka diharapkan badan baru hasil peleburan DKPP dan Bawaslu ini bisa menjadi jawaban.

"Usulan ini tentunya menjadi rekomendasi ke DPR dan Pemerintah dalam waktu dekat," demikian Saut.[rgu/rmol]

Ganjar Pranowo Dilaporkan ke KPK, Apakah Prediksi Fahri Hamzah Terbukti?

Sebelumnya

Apple Kembali Alami Kenaikan Pendapatan, Kecuali di China Raya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Peristiwa