post image
KOMENTAR
Semua mahasiswa Indonesia harus membuat program bagaimana menjadi wirausaha yang sukses bila selesai kuliah. Dan sejumlah keuntungan bisa diraih jika mahasiswa menjadi wirausaha.

Demikian disampaikan Sekretaris Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Agus Muharram. Agus menjelaskan, berdasar Data Kemenkop UKM, jumlah wirausahawan di Indonesia melonjak tajam dari 0,24 persen menjadi 1,56 persen dari jumlah penduduk.

"Kemenkop optimistis tahun 2016 pertumbuhan wirausaha ke titik ideal minimal 2 persen dapat tercapai," ungkap Agus dalam keterangan beberapa saat lalu (Rabu, 9/3).

Menurutnya, jumlah wirausaha Indonesia masih kalah jauh dibandingkan dengan negara tetangga. Misalnya Singapura sebesar tujuh persen, Malaysia lima persen, dan Thailand empat persen. Sementara negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang bahkan memiliki jumlah pengusaha lebih dari 10 persen dari jumlah populasi.

Meskipun jumlah pengusaha di Indonesia masih sangat minim, namun survey yang dilakukan oleh Global Entrepreneurship Monitor (GEM) pada tahun 2013, menunjukkan bahwa keinginan berwirausaha masyarakat Indonesia adalah yang kedua tertinggi di ASEAN setelah Filipina.

Agus berpendapat, jika jumlah wirausaha bisa bertambah maka akan turut mendongkrak ekonomi negara, bertambahnya lapangan pekerjaan, dan akhirnya meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.[rgu/rmol]

Kemenkeu Bentuk Dana Siaga Untuk Jaga Ketahanan Pangan

Sebelumnya

PTI Sumut Apresiasi Langkah Bulog Beli Gabah Petani

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ekonomi