post image
KOMENTAR
Bela habis, Atiqah yakin Ratna Sarumpaet bertindak atas kepentingan umum bukan pribadi. Dia bilang urat malunya tidak putus seperti ibunya.

Aktivis HAM Ratna Sarumpaet sem­pat ditangkap petugas gabungan saat berlangsung penggusuran di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara belum lama ini. Sebagai anak, Atiqah Hasiholan mengaku kaget. Namun bisa mengerti kelakuan ibunya itu.

"Nggak kepikiran (Ratna ditangkap), dia kan memang aktivis," ungkap Atiqah.

Tak lama Ratna ditangkap, artis berbakat nan ayu ini langsung menjenguk sang bunda. "Sudah (jenguk) lah. Baik-baik saja (keadaannya)," jelasnya.

Namun saat menjenguk, Atiqah tidak sempat membicarakan kepada ibunda perihal mengapa ia ditangkap. "Nggak ada omongan itu, belum sempat," seloroh bintang Berbagi Suami, The Mirror Never Lies dan Arisan! 2 ini.

Atiqah menambahkan, layaknya masyarakat, ia sudah memahami risiko ibunya sebagai aktivis sekaligus seniman. Tentu ada banyak pro dan kontra di setiap langkah yang diambil Ratna.

"Wah, aktivis sudah darah ibu saya, ada yang suka dan nggak suka dengan caranya," ucap Atiqah.

Ditekankan, ibunya bertindak de­mikian, lantaran memperjuangkan nasib warga di sana, bukan atas kepentingan pribadi.

"Apa pun yang dia perjuangkan tidak ada unsur kepentingan pribadi. Dia jadi aktivis kan sudah puluhan tahun," tegas jebolan Monash University ini.

"Saya sangat bangga dengan ibu saya, kita sering banyak peduli dengan cara sosial, tapi sering jadi wacana di mulut kita. Ibu saya membuat aksi apa yang menjadi concernnya dia," imbuh Atiqah.

Sebelum ini, ia sempat mengungkap pernyataan yang terkesan enggan mengikuti Ratna.

"Untuk terjun ke politik nggak (ingin) sih. Saya cuma memperhatikan politik dan saya lebih ke (dunia) sosial juga sebe­narnya. Jadi, memang saya selalu mencari tahu apa yang sedang terjadi. Tapi untuk terjun ke politik, saya nggak," beber Atiqah dalam sebuah kesempatan.

Wanita berusia 34 tahun ini pun tak berhasrat mengikuti jejak Ratna yang sangat vokal menyuarakan pandangan politiknya.

"Karena ibu saya, dia urat takutnya sudah putus. Jadi, apa yang dianggap benar, dia speak up. Walaupun ada yang suka atau nggak. Dia cuek dan itulah ibu saya," tandasnya.

"Kalau saya mungkin urat malunya belum putus, jadi belum mau. Tapi saya sama dengan ibu saya, kita sama-sama menyuarakan kebenaran," jelas Atiqah lagi.

Tapi kalau soal apa yang terjadi di dunia politik, bintang film Hello Goodbye dan 2014 ini tak total menutup mata dan telinga. Atiqah cukup mengikuti perkembangan dunia politik.

Selain Ratna yang menjadi orang penting dalam hidupnya, ada Rio Dewanto. Atiqah bersyukur suaminya tidak berubah selama empat tahun berpacaran dan hampir tiga tahun menikah.

"Tidak ada yang berubah, dari awal bertemu sampai sekarang sudah nikah. Nggak ada yang berubah," ucap Atiqah.

"Dia apa adanya, dia orang yang ego­nya, eh, hampir nggak ada. Dia selalu me­mikirkan orang lain, sayang sama orang-orang di sekitar dan action yang dilakukan," tuturnya.

Pemain film Bulan di Atas Kuburan ini bahkan memuji sifat rendah hati Rio. "Tapi, dia rendah hati sekali. Alhamdulillah, dia diberi kelancaran, baik karier dan kehidupan lain, karena dia rendah hati," ujarnya.

Atiqah juga mengungkapkan bahwa ia mendapat dukungan besar dari Rio dalam berkarier.

"Kami berdua, ya Rio ngomong gitu, saya di titik ini tidak lepas dari dukungan, dari keikhlasan Rio dan jadi teman berpikir. I love you," ucapnya.

"Alhamdulillah sudah kenal hampir tujuh tahun, personality. Tidak ada ekspektasi lain," imbuh Atiqah. [hta/rmol]

Akhirnya, Nikita Willy Resmi Dilamar Sang Kekasih

Sebelumnya

Rumah Aktor Senior Tio Pakusadewo Digeledah Polisi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Seleb