post image
KOMENTAR
Hasil seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Sumut 9 April lalu di Brastagi, diwarnai sebuah kejutan. Riqueza Raihan Nainggolan, siswi kelas VIII SMPN 20 Medan terpilih untuk mengikuti OSN di Palembang, bidang Matematika.

"Kita benar-benar tidak menyangka, karena perwakilan Medan dan Sumut untuk OSN hampir selalu dari sekolah 'langganan prestasi'. Ini memberi warna sekaligus menjadi bukti bahwa sekolah negeri di pinggiran Medan pun bisa 'bicara' jika ada kesungguhan," ujar Toga Nainggolan, orang tua siswi tersebut kepada para wartawan di warkop Jurnalis Medan, Sabtu (23/4)

Pada kesempatan itu, dia juga meminta doa dan dukungan, agar Riqueza bisa membanggakan Sumut di OSN Palembang yang diselenggarakan 15-21 Mei mendatang.

Prestasi Riqueza di bidang Matematikan sebenarnya sudah terasah sejak lama. Tercatat ia kerap mengikuti kontes Matematika tingkat nasional sewaktu masih sekolah di SD Wahidin Soedirohusodo, Medan. Kemudian, tahun 2013 dia mengikuti seleksi tingkat nasional tahap 2, The 3rd Asian Science and Mathematics Olimpiad for Primary Schools (ASMOPS), di Jakarta, yang diselenggarakan Surya Institute.

Tahun yang sama, dia bahkan memperoleh medali perunggu dalam Singapore and ASEAN Math Olympiad. Kemudian tahun berikutnya berkompetisi dalam International Mathematical Kangaroo Contest.

"Namun untuk tingkat SMP, ini kali pertama dia ikut. Karenanya, kami tidak punya ekspektasi apa-apa mengingat Riqueza juga tidak pernah lagi dapat pelatihan untuk olimpiade Matematika, seperti saat SD dulu. Sekarang dia malah sibuk berlatih main biola dan piano," ujar Toga.

Dukungan

Sejauh ini, dukungan bagi Riqueza sudah mulai mengalir. Keluarga Besar Nainggolan (KBN) berjanji akan memberangkatkan secara khusus "Boru Nainggolan" itu, agar makin bersemangat berlomba di Palembang.

"Tentu ini kebanggan kita, semoga bisa melangkah lebih jauh di tingkat nasional bahkan siapa tahu internasional, karena OSN pada dasarnya kan persiapan ke olimpiade sains tingkat dunia," ujar Pembina KBN, Dr RE Nainggolan, MM.

Pengusaha terkemuka, H. Anif melalui Yayasan Haji Anif (YHA) juga akan memberikan uang saku bagi Riqueza. "Dan kalau di Palembang bisa berprestasi, kita siapkan bonus khusus. Anak-anak berprestasi harus kita dukung," tegas H. Anif didampingi putranya Musa Rajeckshah, yang juga Ketua Umum YHA.

Pada kesempatan terpisah, Riqueza menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama keluarga besar SMPN 20. Secara khusus dia juga menyampaikan penghargaan kepada guru dan pelatihnya dulu di SD Wahidin Medan.

"Sedikit kemampuan saya ini hasil bimbingan Pak Edy, Pak Budiman, dan pelatih-pelatih olimpiade di Wahidin dulu," ujarnya merendah.[rgu]

Rajudin: Kehadiran PPPK Jangan Sampai Menyingkirkan Guru Honor

Sebelumnya

Sekolah Ditutup 14 Hari, Gubernur Edy Rahmayadi: Belajar Dirumah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Pendidikan