post image
KOMENTAR
Kejuaraan Indonesia Soccer Championship (ISC) kali ini akan menjadi tonggak kebangkitan sepak bola nasional. Tentunya menjadikan sepak bola nasional menjadi lebih tangguh.

Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mewakili Presiden RI Jokowi saat membuka Liga Sepak Bola ISC di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, kemarin (Jumat, 29/4).

"Assalamualaikum, selamat malam, wawawa wawawa wawawa," sapa Panglima TNI disambut antusias penonton di Stadion Mandala Jayapura.

"Saya diperintahkan presiden untuk membuka kejuaraan ini. Beliau mempunyai perhatian khusus terhadap Papua, beliau akan hadir dan saya bersama Kapolri mewakilinya," ujar Gatot.

Pertandingan pertama ISC digelar di Papua atas perintah presiden. Di samping itu, lanjut Gatot, disampaikan pula untuk kejuaraan ini akan berlangsung hingga Desember 2016.

"Sebenarnya yang membuka adalah pak Presiden tapi karena cuaca Bima buruk beliau baru berangkat pukul 19.00 WIB. Tapi Presiden sudah mendarat di Bandara Sentani,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

"Mari bersama-sama nikmati pertandingan antara Persipura melawan Persija. Bismillah turnamen ISC ini saya buka,” ucap Gatot.

Presiden Jokowi dan rombongan baru datang menjelang babak kedua dan langsung membuka pertandingan dengan meniup peluit. Seluruh penonton yang berada di Stadion Mandala bersorak gembira usai Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih meniup peluit.

Pertandingan pembukaan antara Persipura vs Persija dimulai tepat pukul 22.00 WIB. Tim yang berduel, Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta dengan skor akhir 1-1.

ISC merupakan liga sepakbola alternatif sejak Indonesia Super League (ISL) dihentikan karena pembekuaan PSSI oleh pemerintah.

ISC terdiri dari dua bagian, A dan B. ISC A diisi oleh 18 klub yang berasal dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). ISC B dihuni 59 klub Divisi Utama. ISC tidak memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Sebanyak 18 klub peserta ISC 2016 adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Madura United, Persela Lamongan, Gresik United, Arema Cronus, Surabaya United Bhayangkara, Barito Putera, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PS TNI, Perseru Serui, Persipura Jayapura dan Pusamania Borneo.

Sejumlah pejabat negara yang turut mendampingi Presiden di Stadion Mandala antara lain Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.[hta/rmol]

Juara Bertahan Liverpool Tersingkir Dari Liga Champion

Sebelumnya

Menang Tipis Dari KKBO Langkat United Jadi Modal PSMS Medan Jelang Laga Perdana Liga 2 Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Olahraga