post image
KOMENTAR
Perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day 1 Mei di Kota Semarang, Jawa Tengah diperingati dengan sangat meriah. Ribuan buruh hadir di halaman PT. Sandang Asia Maju Abadi, Jalan Industri Raya 1 No. 8 Kawasan Industri Tugu Wijaya Kusuma, Semarang. Para buruh yang mayoritas perempuan ini dihibur dengan musik dangdut koplo yang dibawakan oleh artis lokal setempat.

Selain itu, peringatan May Day kali ini juga dilakukan pemeriksaan deteksi dini kanker, utamanya bagi para buruh perempuan, melalui program aksi peningkatan kesehatan tenaga kerja wanita Indonesia.

Hadir dalam kegiatan ini, Marifah Hanif Dhakiri, yang merupakan istri dari Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang juga didukung oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) yang menyusun program-program yang dapat merubah pola pikir dan memberdayakan masyarakat aga dapat hidup mandiri, produktif, kreatif, dan berkarakter untuk mendorong Bangsa Indonesa maju dan sejahtera.

Marifah mengemukakan, kegiatan pemeriksaan dini kanker bagi tenaga kerja wanita ini merupakan upaya promotif dan preventif pada pekerja wanita, serta menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain untuk peduli pada upaya pencegahan kanker.

"Ini merupakan aksi penyadaran bagi masyarakat luas agar mau secara sukarela melakukan deteksi dini adanya kanker, utamanya kanker leher rahim, serta melaksanakan pola hidup sehat, baik dan seimbang," ujar Marifah.

Selain hiburan dangdut dan pemeriksaan deteksi kanker, peringatan May Day kali ini juga terdapat bazaar produk-produk makanan yang dihasilkan oleh para buruh. Sebanyak kurang lebih 2.000 tenaga kerja wanita mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini sendiri secara keseluruhan bertujuan untuk mengurangi morbiditas dan mortalitas akibat penyakit kanker leher rahim melalui deteksi dini dengan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). [hta/rmol]



Komunitas More Parenting Bekerja Sama Dengan Yayasan Pendidikan Dhinukum Zoltan Gelar Seminar Parenting

Sebelumnya

Sahabat Rakyat: Semangat Hijrah Kebersamaan Menggapai Keberhasilan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Komunitas