post image
KOMENTAR
Peran perempuan dalam pembangunan yang dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi adalah sesuatu hal yang sangat penting. Perempuan alias wanita dalam kehidupannya sering kali dituntut untuk mampu memiliki peran ganda yang memiliki dua fungsi, yaitu fungsi sosial dan fungsi ekonomi.

Di satu sisi para wanita dituntut harus menjalankan fungsi sosial sebagai Ibu Rumah Tangga, di sisi lain, juga terkadang dituntut mampu menjalankan fungsi ekonomi, untuk membantu kebutuhan ekonomi keluarga.

"Karena peran wanita begitu penting, maka wanita harus didukung dan berbagai hal yang dapat menurunkan perannya harus mendapat kepedulian kita semua," ujar Marifah Hanif Dhakiri, istri Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, di tengah peringatan May Day 2016 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (1/5).

Bentuk nyata dari menjauhkan tenaga kerja perempuan dari ancaman penyakit adalah pemeriksaan Inspeksi Asam Asetat (IVA), yaitu deteksi dini adanya kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Hal itu dilakukan lantaran berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2015, menunjukkan bahwa rata-rata setiap jam, jumlah penderita kanker serviks bertambah 2,5 orang dan meninggal 1,1 orang. Angka ini diperkirakan akan meningkat dalam kurun waktu 10 tahun mendatang jika tidak melakukan tindakan upaya-upaya pencegahan.

"Makanya kami mendorong dilaksanakan upaya pencegahan dan deteksi dini kanker serviks pada wanita Indonesia sejak 2015 hingga 2019 mendatang," kata Marifah.

Upaya deteksi dini kanker mulut rahim bagi tenaga kerja perempuan diharapkan Marifah dapat menjadi upaya promotif dan preventif untuk upaya pencegahan kanker serviks secara berkesinambungan. Selain itu, dia juga menghimbau masyarakat luas, khusus bagi kaum perempuan untuk mau secara sukarela melakukan deteksi dini adanya kanker serviks dengan pemeriksaan IVA dan melakukan pola hidup seimbang dan sehat.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan deteksi dini penyakit kanker serviks yang kini tengah di gencarkan oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Perayaan May Day atau Hari Buruh tahun ini, pemeriksaan IVA ditujukan kepada para tenaga kerja wanita Indonesia yang juga sangat rentan terkena penyakit kanker, utamanya kanker mulut rahim. [hta/rmol]

Inovasi Pemutus Rantai Penularan Tuberculosis Paru Melalui Wadah Berisi Lisol Terintergrasi Startegi Derectly Observed Treatment Shourtcourse (DOTS)

Sebelumnya

Cegah Stunting Melalui Pemberdayaan Masyarakat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Kesehatan